Rupa dari Cleopatra, Firaun Terakhir Mesir Kuno

Ilustrasi Cleopatra
Sumber :
  • thegrcurrent

VIVA Tekno  – Cleopatra VII mungkin adalah wanita paling terkenal di dunia kuno. Dia adalah pemerintah terakhir dari dinasti yang memerintah Mesir kuno selama sekitar 300 tahun, dari kematian Alexander Agung hingga kebangkitan Kekaisaran Romawi. 

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Wajahnya telah diabadikan pada beberapa artefak, termasuk koin dan relief. Mungkin penggambaran dirinya yang paling terkenal adalah relief di kuil Dendera Mesir yang menunjukkan dirinya bersama putranya, Caesarion. 

Namun terlepas dari penggambaran kuno ini, kita sebenarnya hanya tahu sedikit tentang seperti apa rupa wanita paling kuat di dunia kuno. Dalam beberapa tahun terakhir, kontroversi itu berpusat pada topik perdebatan warna kulit Cleopatra.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Catatan arkeologi tidak memberi kita banyak petunjuk. Tubuhnya tidak pernah ditemukan dan penggambaran yang dibuat pada saat itu kemungkinan besar tidak dimaksudkan sebagai representasi sebenarnya dari atribut fisiknya.

"Kami benar-benar tidak memiliki bukti dari dunia kuno yang menunjukkan warna kulit Cleopatra," kata Prudence Jones, seorang profesor humaniora klasik dan umum di Montclair State University.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Terlebih lagi, konsepsi kita tentang warna kulit sebagai putih atau hitam pastilah asing bagi orang-orang kuno yang hidup pada masa itu.

Cleopatra

Photo :
  • www.i.ehow.com

Cleopatra VII memerintah sekitar 51-30 SM dan merupakan penguasa terakhir dinasti Ptolemeus, yang memerintah Mesir selama hampir 300 tahun. Ketika Julius Caesar datang ke Mesir, dia memiliki seorang putra bersamanya bernama Caesarion.

Belakangan ia menjalin asmara dengan Mark Antony yang berujung pada kelahiran tiga anak. Setelah pasukan Oktavianus menaklukkan Mesir pada 30 SM, dia bunuh diri.

Artefak yang dimiliki saat ini tidak banyak. Itu termasuk koin yang dicetak darinya yang telah ditemukan di situs Taposiris Magna di Mesir. Ada sejumlah patung yang mungkin menggambarkan Cleopatra VII yang kini berada di museum-museum yang tersebar di seluruh dunia. 

Namun asal-usul patung ini tidak pasti dan apakah benar-benar menggambarkan Cleopatra VII masih diperdebatkan, menurut situs Live Science, Minggu, 13 Agustus 2023.

Artefak dan relief di Dendera, tidak banyak memberi tahu kita tentang penampilannya. Andrew Kenrick, peneliti University of East Anglia di Inggris, mengatakan bahwa penulis kuno biasanya tidak membahas seperti apa sosok-sosok lawas itu.

Kenrick juga mencatat bahwa patung kuno bisa menyesatkan, "Patung dan arca dimaksudkan sebagai proyeksi dari berbagai segi sosok, bukan dimaksudkan sebagai kemiripan yang sebenarnya," kata Kenrick. 

Misalnya, sebuah patung mungkin menggambarkan seseorang lebih berotot daripada yang sebenarnya. Selain itu, peneliti juga tidak mengetahui identitas ibu atau nenek dari pihak ayah Cleopatra, yang berarti Cleopatra kemungkinan memiliki keturunan Afrika.

"Apa yang kita tahu adalah bahwa ayah Cleopatra adalah orang Yunani dan dia akan menganggap dirinya orang Yunani - meskipun dia menggambarkan dirinya sebagai orang Mesir, jika itu cocok untuknya secara politis," kata Kenrick.

Kadang-kadang keturunan Ptolemy menikah dalam keluarga mereka sendiri dan Cleopatra VII menikah dengan saudara laki-lakinya Ptolemy XIV sebelum dia dibunuh pada tahun 44 SM. 

Namun, Zahi Hawass, mantan Menteri Barang Antik Mesir, yakin bahwa keturunan Yunaninya menunjukkan dengan jelas satu jawaban. 

"Cleopatra bukan orang kulit hitam. Seperti kesaksian sejarah yang terdokumentasi dengan baik, dia adalah keturunan seorang jenderal Yunani Makedonia yang sezaman dengan Alexander Agung. Bahasa pertamanya adalah bahasa Yunani. Dalam patung dan potret kontemporer, dia digambarkan dengan jelas berkulit putih," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya