Menerapkan Transformasi Digital untuk Karyawan

Transformasi digital.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – PT Bank BTPN Tbk telah mengubah proses human capital management (HCM) dengan bermitra sama Darwinbox, platform penyedia teknologi sumber daya manusia (SDM) global.

Tersandung Kasus Korupsi, Lima Smelter Timah di Babel PHK Ribuan Karyawan

Langkah strategis ini menegaskan kembali komitmen BTPN untuk menyediakan peluang berharga untuk memberikan dampak signifikan pada kehidupan jutaan orang, memperkuat posisinya sebagai inovator teknologi di industri keuangan dengan pendekatan yang benar-benar berpusat pada manusia.

Keputusan untuk mengubah sistem informasi sumber daya manusia menjadi berbasis awan (cloud) dengan mitra HCM yang mengutamakan karyawan adalah bukti komitmen dalam transformasi digital untuk mengembangkan pengalaman kinerja yang positif bagi karyawan dan terintegrasi di seluruh siklus perjalanan karyawan dalam bekerja.

Cara Unik Gesits Permudah Konsumen Beli Motor Listrik

"Kami yakin sepenuhnya bahwa tujuh ribu karyawan BTPN merupakan faktor utama kesuksesan perusahaan. Dengan mengadopsi Darwinbox, kami memiliki visi untuk menciptakan lingkungan kerja yang fokus serta memberdayakan karyawan untuk berkembang dan meraih kinerja terbaik di dalam pekerjaannya," kata Head of Human Resources BTPN Mira Fitria, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 Agustus 2023.

Dalam lanskap bisnis yang dinamis saat ini, teknologi memiliki peran kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional dan ikatan terhadap karyawan. Oleh karena itu, pentingnya menerapkan transformasi digital lewat kolaborasi.

Viral Nasabah Lempar Piring saat Ditagih, Bos PNM Tegaskan Lindungi Karyawan

"Dengan Darwinbox, kami memasuki era baru proses yang lebih efisien, data yang terkonsolidasi dan real-time, serta pengalaman yang dipersonalisasi yang sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan perusahaan," ungkap Jeny Mustopha, Head of Information Technology BTPN.

BTPN berinovasi dalam transformasi digital seluruh proses HCM yang terintegrasi. Mulai dari integrasi karyawan baru, proses manajemen kinerja, hingga pendekatan pembelajaran berkelanjutan dan sistem survei yang mampu mengukur umpan balik karyawan. "Ini mencakup seluruh aspek. Mulai dari akuisisi dan manajemen talenta, hingga pengembangan karyawan," tuturnya.

Co-founder Darwinbox Jayant Paleti menyebut BTPN memiliki visi untuk menciptakan tempat kerja yang memprioritaskan karyawan. Prioritas yang dimaksud memberi pengalaman yang menonjol bagi karyawan, membuka peluang bagi talenta terbaik, meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi, serta memastikan keamanan.

"Ini memungkinkan lembaga keuangan besar seperti BTPN untuk tetap mematuhi regulasi sambil berinovasi. Kami mengembangkan budaya pertumbuhan dan menetapkan tolok ukur baru untuk industri keuangan," papar dia.

Selain dengan BTPN, Darwinbox telah berhasil mengimplementasikan inovasi serupa untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dari berbagai sektor di antaranya Mitra Adiperkasa, Gunung Raja Paksi, dan Kopi Kenangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya