Jadwal Kenampakan Blue Moon yang Terjadi Besok di Indonesia

Super Blue Blood Moon.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Besok akan terjadi Bulan Purnama yang disebut Blue Moon. Di Indonesia, fenomena ini juga disebut sebagai Purnama Tionggoan terjadi pada Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 08:35 WIB, 09:35 WITA dan 10:35 WIT.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Bulan Purnama terjadi ketika titik Bulan 180 derajat dari Matahari atau berlawanan sepenuhnya dengan Matahari di langit di atas Bumi , mengutip dari situs Space , Rabu, 30 Agustus 2023.

Nama Bulan Biru sendiri sebenarnya tidak ditentukan pada warna benda langit tersebut. Bulan akan tetap berwarna oranye. Ini Merujuk pada fenomena Bulan Purnama kedua dalam satu bulan.

Kapan Bumi Kiamat?

Awal Agustus telah terjadi Sturgeon Supermoon ini dinamai dari keluarga ikan sturgeon Amerika Utara yang produktif, yang ditemukan di Great Lakes pada saat supermoon Agustus.

Blue Moon juga akan menjadi Supermoon , artinya bulan ini akan terjadi pada periode ketika satelit alami Bumi itu berada lebih dekat ke Bumi sehingga membuatnya tampak lebih besar di langit.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Menikmati Keindahan Supermoon.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Menurut In the Sky, Super Blue Moon akan terbit tepat setelah Matahari terbenam pada pukul 19:10 EDT dari ufuk timur. Namun, hal ini tidak akan terjadi pada saat Bulan berada pada titik terbesar dan paling cemerlang.

Bulan Purnama terjadi ketika titik Bulan 180 derajat dari Matahari atau berlawanan sepenuhnya dengan Matahari di langit di atas Bumi, mengutip dari situs Space , Rabu, 30 Agustus 2023.

Untuk Blue Moon tahun ini, Bulan akan berhadapan dengan matahari pada pukul 21:36 EDT, menurut NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa). Saat ini, benda langit itu akan berada di konstelasi Aquarius. Blue Moon kemudian akan terbenam pada hari Kamis tepat sebelum Matahari terbit sekitar pukul 06:46 EDT.

Bulan Purnama kedua yang terjadi pada Agustus adalah Supermoon ketiga dan terdekat dari empat Supermoon pada 2023. Dengan jarak 222.043 mil (357.344 kilometer) dari Bumi, ini akan menjadi Supermoon terbesar dan paling terang pada tahun 2023, meskipun jaraknya hanya 115 mil (186 kilometer) lebih dekat dibandingkan Agustus. 

Sedangkan Bulan Purnama nomor 1, berjarak 222.158 mil (357.530 km). Bulan purnama berikutnya adalah Harvest Moon , pada tanggal 29 September. Selain menjadi salah satu fenomena paling terkenal tahun ini, ini adalah Supermoon terakhir di tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya