Tulisan Tangan Steve Jobs Terjual Rp2,6 Miliar

Steve Jobs saat merilis iPhone generasi pertama pada 2007.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Gadget antik Apple biasanya terjual dengan harga tinggi di sistem pelelangan. Tetapi kini sebuah catatan tulisan tangan oleh Pendiri Apple, Steve Jobs baru saja terjual dengan nilai sebanyak enam digit.

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Selembar kertas yang menampilkan draf iklan yang ditulis tangan oleh Jobs terjual seharga US$175.759 (Rp2,6 miliar), enam kali lebih mahal dari perkiraan yang diharapkan.

Catatan tersebut merupakan rancangan iklan awal untuk Apple Computer-1 yang ditulis dan ditandatangani sebagai 'steven jobs' pada 1976.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Awalnya itu diluncurkan pada 1976 sebagai Apple Computer, kemudian dikenal Apple I atau Apple-1, mengutip dari situs Metro, Rabu, 30 Agustus 2023.

Isi catatannya cukup mendasar, hanya spesifikasi teknis komputer pertama Apple dengan tanda tangan Mr Jobs dalam cetakan huruf kecil.

Apple Bagi-bagi Undangan

Dalam catatan tersebut, Jobs mencantumkan alamat rumah dan nomor telepon orangtuanya yang merupakan kantor pusat asli Perusahaan Komputer Apple, seperti yang diketahui saat itu.

Barang tersebut merupakan bagian dari daftar lelang di RR Auction yang mencakup dua Polaroid prototipe Apple yang masih berfungsi, difoto di The Byte Shop dan diberi penjelasan oleh Mr Jobs.

Menurut sejarawan Apple Corey Cohen, spesifikasi teknis dari rancangan iklan tulisan tangan ini sangat cocok dengan iklan asli Apple-1, yang pertama kali dicetak di Majalah Interface edisi Juli 1976.

Tulisan tangan Pendiri Apple, Steve Jobs, laku terjual Rp2,6 miliar.

Photo :
  • RR Auctions

Ini menjadikannya iklan pertama raksasa teknologi yang saat ini bernilai US$2,79 triliun. Pada edisi majalah yang sama, iklan tersebut disertai dengan artikel ikhtisar produk dengan kutipan dari Mr Jobs sebagai Direktur Pemasaran dan Stephen Wozniak sebagai Direktur Teknik Apple.

Ledakan pemasaran pertama ini memberi Apple pendanaan yang diperlukan untuk berevolusi, dari 'dua orang di garasi' menjadi dua visioner teknologi paling berpengaruh.

Menurut rumah lelang tersebut, seorang teman masa kecil Jobs yang tidak disebutkan namanya memperoleh catatan tulisan tangan saat mengunjungi salah satu pendiri Apple pada 1976.

Temannya menceritakan pertemuannya dengan Jobs di kelas 8 pada 1968 ketika dirinya masih baru di sekolah tersebut dan 'mencari seseorang untuk diajak bergaul selama musim panas'.

"Jadi dia dan saya menjadi teman dengan cepat, bersepeda keliling kawasan Sunnyvale dan Los Altos, bahkan bersepeda dari rumahnya melintasi Pegunungan Santa Cruz ke pantai," tulis teman tersebut.

Selama Apple 1 sedang dikembangkan, dia mengunjungi Jobs beberapa kali (Natal 1975, liburan musim semi dan panas 1976) dan melihat komputer sedang diuji di dalam kotak di garasi.

"Pada salah satu kunjungan inilah Steve memberi saya foto Polaroid komputer tersebut, tangkapan layar Polaroid Apple 1 Basic, dan tawaran papan kosong yang ditulis tangan seharga masing-masing US$75," lanjutnya.

Catatan tulisan tangan tersebut merupakan salah satu dari beberapa barang bersejarah Apple yang baru-baru ini dijual di RR Auction, termasuk cek bertanda tangan dari Steve Jobs dan salah satu pendiri Apple, Wozniak, yang dijual seharga US$135.261 atau Rp2 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya