Umur Gmail 3 Bulan Lagi

Ilustrasi Gmail.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Google beberapa waktu yang lalu mulai mengirimkan email peringatan kepada pengguna tentang akun Gmail yang tidak lagi aktif.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Hal ini terjadi hampir dua bulan setelah Google mengumumkan langkah untuk menghapus akun Gmail atau YouTube jika tidak aktif selama lebih dari dua tahun. 

Menurut Gadgets Now, Senin, 4 September 2023, pengguna diingatkan untuk menggunakan akun mereka agar tidak terhapus.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Laporan tersebut mengutip sebuah email yang menyatakan bahwa perubahan ini mulai diterapkan dan akan berlaku pada akun Google mana pun yang tidak aktif.

Google juga telah memperbarui halaman dukungannya dengan lebih detail. Halaman tersebut mencatat bahwa Google berhak menghapus data pengguna ketika akun tidak digunakan selama jangka waktu dua tahun.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

"Sesuai kebijakan, tanggal 1 Desember adalah tanggal paling awal penghapusan Akun Google," tulis perusahaan dalam pengumumannya.

Google.

Photo :
  • Getty Images

Google mencatat bahwa akun dianggap aktif jika pengguna membaca atau mengirim email di Gmail, menggunakan penyimpanan cloud Google Drive, menonton video YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi dengan akun Google dari Google Play, atau menggunakan Google Penelusuran.

Selain itu, mereka menganggap akun tersebut aktif jika pengguna memakai akun tertentu untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Google juga memperhitungkan langganan aktif sebagai bentuk aktivitas. Misalnya, jika pengguna memilih langganan tahunan yang diperpanjang secara otomatis, meskipun mereka belum menggunakan akun secara aktif, akun tersebut akan tetap dianggap aktif dan tidak terpengaruh oleh kebijakan.

Pembaruan ini akan memengaruhi pengguna yang kemungkinan membuat akun untuk memesan nama pengguna tertentu.

"Jika Anda berubah pikiran setelah menghapus akun Google, Anda mungkin dapat memulihkan akun Anda," lanjutnya. Jadi pengguna cukup masuk ke akun mereka untuk memeriksa status aktivitas. Secara teknis itu juga akan membuat akun menjadi aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya