15 Fakta Google yang Jarang Diketahui

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.
Sumber :
  • Google

VIVA Tekno – Google jadi salah satu perusahaan yang begitu ikonik sehingga menjadi kata kerja literal. Hari ini, 4 September 2023, raksasa teknologi tersebut masuk usia 25 tahun.

7 Rahasia Google

Mengutip dari situs Metro pada Senin, 4 September 2023, berikut ini adalah 15 fakta tentang Google yang mungkin belum banyak kita ketahui.

1. Para pendiri Google bertemu pada tahun 1995 di Universitas Stanford ketika Larry Page sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjana. Saat itu Sergey Brin masih menjadi seorang mahasiswa di sana, ditugaskan untuk mengajaknya berkeliling.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Page dan Brin menjalin persahabatan dan akhirnya menemukan Google dari kamar asrama universitas mereka. Bersama-sama, keduanya mengembangkan algoritma PageRank, merupakwn fondasi mesin pencari Google.

2. 'Backrub' adalah nama asli yang diberikan kepada mesin pencari yang sekarang kita kenal sebagai Google. Nama Google merupakan plesetan dari ungkapan matematika 'Googol' untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

3. Kantor pertama Google Inc adalah sebuah garasi di Menlo Park, California, milik Susan Wojcicki, yang merupakan karyawan 'no 16' – dan sekarang menjabat sebagai CEO YouTube.

Fitur YouTube Widget.

Photo :
  • Gizchina.com

4. 'Don't be evil' adalah moto pertama perusahaan. Menyusul restrukturisasi perusahaan di bawah konglomerat Alphabet Inc., pada tahun 2015, 'Do the right thing' menjadi moto barunya.

5. Server Google pertama sebagian dibuat dari batu bata Lego. Pada tahun 1996, para pendiri memerlukan ruang disk dalam jumlah besar untuk menguji algoritme Pagerank pada data web aktual di seluruh dunia. 

Pada saat itu, disk 4 GB adalah disk terbesar yang tersedia. Jadi mereka membuat kotak disk Lego untuk server penyimpanan.

6. Pada tahun 1998, Google Doodle pertama dimulai di festival Burning Man, saat Page dan Brin memikirkan cara kreatif untuk membagikan status liburan mereka kepada staf.

7. Pada tahun 2006, 'Google' secara resmi terdaftar sebagai kata kerja di Kamus Bahasa Inggris Oxford. Hal ini didefinisikan sebagai tindakan 'menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi di internet'.

8. Ketika Google mengumumkan Gmail, hal itu dianggap sebagai lelucon April Mop. Tanggal  1 April 2004, perusahaan meluncurkan layanan email gratisnya. Ini pertama kali disebut 'Caribou' dan digunakan oleh karyawan Google secara internal.

9. Google membeli platform video YouTube setahun setelah diluncurkan pada tahun 2005. Awalnya dirancang untuk menjadi situs kencan video bernama 'Tune In Hook Up', dan nama domain 'youtube.com' 14 Februari 2005 adalah Hari Valentine.

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

Photo :
  • Kim Kulish

10. Perusahaan juga mempunyai nama lucu untuk karyawannya yang disebut Googler. Sementara untuk karyawan Google baru adalah Noogler dan mantan Googler adalah Xooglers.

11. Saat ini kantor pusat perusahaan 'Googleplex' memiliki luas 4 juta kaki persegi dan memiliki kode pos sendiri, 94043.

12. Perusahaan ini terkenal dengan kantornya yang ramah anjing. Tetapi anjing yang memulai tren ini adalah Yoshka, seekor Leonberger milik Urs Holzle, seorang insinyur perangkat lunak dan Googler lama. Yoshka meninggal dunia pada tahun 2011, dan untuk menghormatinya, sebuah kafe di Googleplex dinamai menurut namanya.

13. Pada tahun 2019, Page dan Brin mengundurkan diri dari peran mereka sehari-hari di perusahaan induk Google untuk fokus pada proyek 'moonshot' seperti kecerdasan buatan dan mobil tanpa pengemudi.

14. Google Maps hampir memulai perang pada tahun 2010 ketika seorang pejabat Nikaragua menerobos ke negara tetangga Kosta Rika dan mengklaim ll peta tersebut mengatakan bahwa dia masih berada di negaranya.

Perbatasan yang tidak sempurna di Google Maps telah menyebabkan ketegangan di sejumlah lokasi sehingga beberapa tempat kini memiliki banyak nama, misalnya 'Londonderry/Derry' atau anotasi politik yang dapat diklik dengan deskripsi singkat mengenai permasalahan tersebut.

15. Pada tahun 2019, Google mengakui bahwa mobil Street View-nya secara tidak sengaja melakukan 'Wifi Sniffing' atau mengumpulkan ekstrak aktivitas web pribadi dari jaringan wifi domestik sejak tahun 2007.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya