Kota Pintar juga Memperhatikan Kualitas Udara dalam Ruangan

Ilustrasi smart city.
Sumber :
  • cimconlighting.com

VIVA Tekno – Pengembang PT PanaHome Deltamas Indonesia merancang hunian Savasa di Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, berkembang sebagai kota pintar atau smart city dalam beberapa tahun ke depan dengan proyeksi pembangunan 2.500 unit hunian dengan 10.000 penduduk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Menurut Deputy General Manager Savasa Rudy Tjahjadi mengatakan, hunian ini mengadopsi desain pasif dalam master plan-nya, dengan memberikan angin dan keteduhan ke seluruh kota, serta mengendalikan kenaikan suhu.

"Savasa bertujuan menjadi kota pintar yang berkelanjutan bagi penduduknya, dengan menggabungkan pemanfaatan energi alam dan teknologi canggih yang menghasilkan biaya pemeliharaan yang rendah," ungkapnya, dalam siaran pers, Senin, 4 September 2023.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Selain itu, ia juga merancang hunian ini dengan sistem pembuangan dan penampungan air hujan komunal pertama di wilayah Cikarang, yang membuat kota ini aman dari banjir dan menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan maka diadopsi sistem Puretech, atau sistem terbaru dari Panasonic yaitu Complete Air Management System, yang mengintegrasikan sistem pendingin ruangan dan ventilasi, serta pengontrol jarak jauh IAQ (Indoor Air Quality/Kualitas Udara dalam Ruangan).

Teknologi ini diklam dapat mendeteksi suhu, kelembaban, karbondioksida (CO2), dan PM2,5 di dalam ruangan, dan menjaga kualitas udara yang sehat di dalam ruangan secara otomatis. Savasa mulai didirikan pada 15 September 2018 dengan serah terima kepada konsumen mulai Juli 2020.

Hunian ini berdekatan dengan AEON Mall dan beragam perusahaan manufaktur, fasilitas logistik, data center, dan sebagainya dengan mengintegrasikan hunian dengan fasilitas publik, fasilitas komersial dan bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya