Misi Baru Angkatan Luar Angkasa AS

Bendera Angkatan Luar Angkasa AS (US Space Force).
Sumber :
  • The Drive

VIVA Tekno – Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat memiliki pernyataan misi baru. Space Force menguraikan misi layanan tersebut hanya dalam sembilan kata singkat yaitu 'Amankan kepentingan Bangsa kita di, dari, dan ke luar angkasa'.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dalam sebuah pernyataan, pejabat tinggi layanan tersebut, Kepala Staf Angkatan Luar Angkasa AS Jenderal Chance Saltzman, mengatakan pernyataan misi baru tersebut dihasilkan secara eksklusif melalui permintaan saran dari anggota layanan Angkatan Luar Angkasa, yang dikenal sebagai Penjaga.

“Kami tidak mempekerjakan tim pemasaran korporat untuk mengembangkan frase yang menarik. Para jenderal juga tidak duduk mengelilingi meja di Pentagon untuk memperdebatkan pernyataan apa yang seharusnya dibuat. Pernyataan misi kami bersumber dari proses yang didorong oleh Guardian (Penjaga)," kata Saltzman.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Pernyataan misi baru Angkatan Luar Angkasa menjelaskan fungsi inti layanan tersebut. 'Di luar angkasa' mengacu pada pengoperasian satelit dan pesawat ruang angkasa di orbit Bumi yang dirancang untuk melindungi infrastruktur ruang angkasa Amerika dari senjata anti-satelit negara lain.

Sementara itu, 'dari luar angkasa' mencakup aset-aset berbasis ruang angkasa yang diandalkan militer AS seperti satelit navigasi GPS, konstelasi komunikasi dan sistem peringatan dini peluncuran rudal.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Terakhir, 'ke luar angkasa' mengacu pada peran Angkatan Luar Angkasa dalam memastikan Amerika memiliki akses ke orbit Bumi melalui peluncuran roket dan infrastruktur yang mendukung peristiwa tersebut.

Bumi dilihat dari luar angkasa.

Photo :
  • NASA

Pernyataan misi Angkatan Luar Angkasa yang baru dirilis ini berjarak sekitar enam bulan setelah Saltzman secara terbuka mengkritik pernyataan misi layanan tersebut sebelumnya. 

Dalam memo yang diterbitkan oleh Military.com, Saltzman menulis bahwa sangat sedikit bahwa Penjaga yang benar-benar dapat melafalkan pernyataan misi Angkatan Luar Angkasa sebelumnya dan menyuarakan keprihatinannya 'tidak mencerminkan mengapa negara memiliki Angkatan Luar Angkasa dan fungsi penting yang dilakukan Penjaga'.

“Pernyataan misi kami saat ini panjang dan rumit. Kami bisa melakukan yang lebih baik," jelasnya melansir dari situs Space, Selasa, 12 September 2023.

Pernyataan misi sebelumnya lebih bertele-tele dibandingkan pernyataan baru, dan mengandung lebih banyak jargon yang mencerminkan doktrin militer. 

“Angkatan Luar Angkasa AS bertanggung jawab untuk mengatur, melatih, dan memperlengkapi Penjaga untuk melakukan operasi luar angkasa global yang meningkatkan cara pasukan gabungan dan koalisi kita berperang, sekaligus menawarkan opsi militer kepada pengambil keputusan untuk mencapai tujuan nasional,” bunyi pernyataan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya