Daftar Konten Digital yang Paling Banyak Diminati Anak-anak

Ilustrasi anak bermain ponsel.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA Tekno – Serial kartun Skibidi Toilet jadi konten YouTube yang paling diminati dan banyak dilihat anak-anak pada periode Juni 2023 hingga Agustus 2023, menurut studi perusahaan keamanan siber Kaspersky.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Sementara untuk pencarian terbesar pada kategori game adalah Lacey's Flash Games, dan kategori film diraih oleh drama China We Fall in Love dan Love Forever Young.

Rata-rata, 61 persen anak-anak mendapatkan perangkat digital pertamanya antara usia 8 hingga 12 tahun, bahkan terkadang lebih awal. Mereka mulai menjelajahi dunia maya, berteman, bermain game, menonton film, dan belajar. 

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kaspersky melakukan studi untuk memahami apa yang menarik perhatian mereka pada musim panas ini. Analisis didasarkan pada data anonim yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids.

Selama musim panas tahun 2023, tiga aplikasi terpopuler di Android adalah YouTube (30 persen), TikTok (17 persen) dan WhatsApp (15 persen). Sedangkan Instagram menempati posisi keempat (9 persen).

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

"Hal yang menarik adalah fenomena musim panas ini, Barbenheimer, tentu saja menarik perhatian anak-anak, namun tidak sampai mengambil alih tren musim panas saat ini," ujar Anna Larkina, pakar analisis konten Kaspersky dalam keterangannya, Jumat, 15 September 2023.

YouTube.

Photo :
  • The Verge

Menariknya, YouTube kids hanya mendapat 2,5 persen dan tidak memiliki jangkauan yang signifikan di kalangan anak-anak.
Sedangkan untuk YouTube, konten yang paling sering dicari oleh anak-anak adalah saluran dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup (21 persen).

Klasifikasi 'lainnya' mendapat 21 persen, dan biasanya berisi meme serta cerita yang tidak termasuk dalam kategori. Blogger game berada di posisi ke-3 dengan 15 pereen permintaan. 

Kategori tambahan yang menduduki puncak daftar seperti musik (13 persen), film, kartun, acara TV (12 persen), dan permainan (9 persen).

Skibidi Toilet adalah salah satu tren musim panas terbesar. Ini adalah serial kartun, yang dihosting di YouTube Shorts, dibuat oleh influencer Georgia DaFuq!?Boom!. 

Sedangkan untuk vlogger dan influencer YouTube, pemimpin musim panas ini adalah Triple Charm, shfa, ViktoriaSarina, Fede Vigevani, Michou, Space Family, Fala Serio, A4, yang kontennya sebagian besar berupa video gaya hidup, tantangan, video unpackage, dan seputar kecantikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya