Siapa Petani Pertama di Dunia?

Ilustrasi petani.
Sumber :

VIVA Tekno – Perkembangan pertanian oleh Homo sapiens mungkin merupakan kemajuan paling mendasar bagi spesies kita. Hal ini mengubah gaya hidup nomaden pemburu-pengumpul yang dianut semua.

Regenerasi Petani, Kementerian Pertanian Beri Pembekalan pada Petani Muda

Praktik pertanian yang dilakukan nenek moyang kita telah membentuk pertanian di seluruh dunia saat ini, memberi makan miliaran orang.

Pertanian juga melahirkan desa-desa dan memunculkan tenaga kerja khusus, kemajuan seni dan teknologi. Namun kapan pertanian dimulai? Dan bagaimana itu bisa terjadi?

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Beberapa bukti paling awal mengenai pertanian berasal dari Bulan Sabit Subur, sebuah wilayah yang mencakup Irak, Suriah, dan Israel.

Meskipun sekarang terlihat relatif kering, wilayah ini pernah diairi dengan baik oleh dua sungai besar, dan beberapa jejak pertanian pertama ditemukan di Tell Abu Hureyra di Suriah utara di mana sekitar 11.700 tahun yang lalu merupakan sebuah desa di tepi sungai Eufrat.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Para ilmuwan telah menemukan tanda-tanda bahwa gandum hitam dibudidayakan di sana pada waktu itu dan sengaja digiling menjadi tepung dengan batu-batu besar.

Ilustrasi petani bawang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Antropolog dan arkeolog Melinda Zeder, kurator emeritus di Museum Nasional Sejarah Alam, mengatakan bahwa pertanian tampaknya berkembang secara bertahap, melansir dari situs Live Science, Jumat, 15 September 2023.

Pertama-tama, orang membudidayakan tanaman selain berburu dan meramu, kemudian meningkatkan ketergantungan mereka pada tanaman pertanian, dan kemudian menetap di desa-desa terdekat untuk mengabdikan diri pada pertanian.

“Di Near East, kita mempunyai waktu sekitar 1.000 tahun lagi sebelum mencapai apa yang disebut pertanian – ketika orang-orang mencurahkan sebagian besar tenaga produktif untuk menanam tanaman dan hewan peliharaan,” katanya.

Mengikuti perkembangan pertanian tanaman pangan, hewan peliharaan seperti domba, kambing, dan babi segera menjadi ciri kehidupan pertanian.

Ilustrasi petani.

Photo :
  • Dok. EdenFarm

Zeder mengatakan kambing dan domba didomestikasi di Bulan Sabit Subur sekitar 10.500 tahun yang lalu. Tidak terlalu jauh, di Anatolia (sekarang Turki), domestikasi hewan terjadi dalam tiga fase besar sekitar 8.400 tahun yang lalu, menurut sebuah studi tahun 2022 di jurnal PNAS.

Masyarakat di pemukiman menangkap domba dan anak-anaknya yang liar secara musiman dan membesarkan hewan peliharaan tersebut untuk disembelih.

Kedua, warga melakukan penangkaran terbatas terhadap hewan-hewan tersebut sambil terus menangkapnya. Ketiga, terjadi penggembalaan skala besar dengan hewan penangkaran yang bereproduksi, dengan hewan dewasa yang dipanen untuk pemukiman.

Seperti varietas tanaman liar yang didomestikasi, hewan-hewan ini lebih cocok untuk diternakkan dibandingkan hewan liar seperti rusa, yang juga melimpah di wilayah tersebut pada saat itu.

“Pada dasarnya,  prosesnya sama seperti pada tanaman. Ini adalah sumber daya yang ditemukan di lingkungan yang responsif terhadap pertanian," kata Zeder.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya