Pria Ini Bisa Bertahan Hidup 15 Tahun Tanpa Uang

Mark Boyle, The Moneyless Man.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Uang adalah alat pembayaran yang diterima secara luas dalam suatu masyarakat. Uang kerap digunakan untuk membeli barang dan jasa, serta sebagai satuan nilai yang digunakan untuk mengukur harga barang dan jasa tersebut.

Anak Buah SYL Dapat Perintah Siapkan Uang 4.000 Dolar Hasil Palak Pejabat Kementan, Untuk Apa?

Dilansir dari New18, Rabu, 11 Oktober 2023, Mark Boyle, yang dikenal sebagai The Moneyless Man, membuat keputusan drastis pada 2008 dengan menghentikan penggunaan uang dan memulai gaya hidup bebas uang. Dalam perjalanannya, ia juga menghindari teknologi modern dan mengadopsi kehidupan yang lebih "alami".

Disebut Tak Mau Bantu Adiknya, Via Vallen Ungkap Fakta Menyayat Hati

Ilustrasi transaksi uang

Photo :
  • Pixabay

Setelah lulus kuliah dengan gelar dalam bisnis dan ekonomi, Mark Boyle dengan cepat mendapat pekerjaan bergaji tinggi di sebuah perusahaan makanan organik di Bristol, Inggris.

Nanggung Hidup Adik, Via Vallen Kesal Uang Pemberiannya Malah Dipakai Dugem Hingga Judi

Itu adalah cita-citanya selama bertahun-tahun, yaitu mencari pekerjaan yang menghasilkan uang dan membeli semua barang yang dianggap masyarakat sebagai tanda kesuksesan.

Namun, segalanya berubah pada suatu malam pada 2007, saat ia duduk bersama seorang teman sambil menikmati segelas Merlot di rumah kapalnya.

Mereka berdiskusi tentang masalah dunia, dan cara terbaik untuk membawa perubahan yang signifikan. Pada saat itu, ia menyadari bahwa uang adalah akar dari banyak masalah tersebut, dan ia teringat kutipan terkenal Gandhi: "Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat di dunia."

"Saat itu, saya duduk dengan seorang teman pada suatu malam di tahun 2007, kami membicarakan masalah-masalah dunia, mencoba menentukan masalah mana yang harus kami fokuskan untuk membantu memecahkannya," kata Boyle.

"Saat itu saya menyadari bahwa akar dari semua masalah tersebut adalah uang, yang menciptakan jarak antara kita dan tindakan kita, baik itu melalui pabrik keringat, industri pertanian, atau perang. Jadi, saya memutuskan untuk melihat apakah mungkin hidup tanpa uang." tambahnya.

Tak lama setelah itu, Mark menjual rumah kapalnya yang mahal, pindah ke dalam sebuah karavan tua yang disumbangkan oleh seseorang yang ingin membuangnya, dan memulai gaya hidup tanpa uang.

Beberapa bulan pertama terasa sulit karena ia harus mengganti kenyamanan yang biasanya ia nikmati, seperti secangkir kopi pagi, dengan hal-hal yang dapat ditemukannya secara gratis dari alam.

Mark Boyle

Photo :
  • Istimewa

Gaya hidup bebas uang Mark Boyle menjadi viral, ketika ia menerbitkan bukunya, "The Moneyless Man". Buku ini secara rinci menjelaskan tantangan yang dihadapinya selama transisi, solusi praktis yang ditemukannya, dan filosofi yang mendorongnya untuk melakukan perubahan drastis dalam hidupnya.

"Ironisnya, saya menemukan dua tahun terakhir ini adalah tahun paling memuaskan dalam hidup saya," tulis Mark Boyle pada 2010 silam.

"Saya mempunyai lebih banyak teman di komunitas saya dibandingkan sebelumnya, saya belum pernah sakit sejak saya mulai, dan saya tidak pernah merasa bugar. Saya telah menemukan bahwa persahabatan, bukan uang, adalah keamanan yang sesungguhnya. Kebanyakan kemiskinan di Barat adalah kemiskinan psikologis. Kemerdekaan sejati adalah saling ketergantungan."

Pada 2017, Mark memutuskan untuk mengambil langkah lebih jauh dengan "berhenti dari industrialisasi." Ia menghindari sebagian besar teknologi modern yang kita nikmati sehari-hari, mulai dari listrik dan air mengalir hingga radio dan internet, dan kembali ke gaya hidup yang oleh banyak orang dianggap sebagai kehidupan yang lebih sederhana.

Bagi Boyle, kehidupan modern justru dianggapnya lebih rumit karena teknologi yang kompleks yang kita gunakan setiap hari.

"Cara hidup yang saya jalani sekarang sering disebut sebagai 'hidup sederhana,' tetapi itu benar-benar adalah kehidupan yang rumit, terdiri dari ribuan hal yang sederhana," kata Mark Boyle kepada No Fun Tips.

Mark Boyle

Photo :
  • Istimewa

"Sebaliknya, kehidupan saya sebelumnya di kota, meskipun dianggap sederhana, sebenarnya terdiri dari ribuan hal yang rumit, seperti smartphone, listrik, dan plastik. Saya merasa bosan melakukan hal yang sama setiap hari dan menggunakan teknologi yang rumit, yang saya kira membuat orang yang memproduksinya juga merasa bosan. Itu salah satu alasan saya, memutuskan untuk meninggalkannya. Hidup tanpa air mengalir, listrik, atau mesin membuat hidup saya menjadi lebih kompleks,” jelas Boyle.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya