Imun Tubuh Manusia 'Setara' Buah Nanas

Ilustrasi bahagia dan menjaga kesehatan.
Sumber :
  • ist

VIVA Tekno – Tubuh manusia memang menakjubkan. Dalam penelitian terbaru, dikatakan bahwa tubuh manusia memiliki jaringan yang dirancang untuk melindungi tubuh dari ‘penyerang’ atau sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh, yang mana terdiri dari sekitar 1,8 triliun sel.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Jika angka yang mencengangkan ini sulit untuk dibayangkan, kamu bisa membayangkannya seperti ini: Pada pria dewasa dengan ukuran rata-rata, sel-sel kekebalan tersebut secara kolektif memiliki berat sekitar 1,2 kilogram, yang setara dengan satu buah nanas atau enam hewan hamster. Padahal itu tergantung ukuran orangnya.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Organ tubuh manusia

Photo :

Tidak puas dengan perkiraan sebelumnya, Ron Sender, ahli biologi di Weizmann Institute of Science dan rekannya mulai menghitung berapa banyak sel kekebalan yang ada dalam tubuh manusia, di mana mereka berada, dan berapa berat keseluruhannya.

Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Sesuai dengan konvensi, peneliti  mengandalkan model referensi default tubuh manusia, laki-laki dewasa dengan berat badan 70 kilogram berusia antara 20 dan 30 tahun, yang memiliki keterbatasan yang jelas ketika memperluas hasil ke jenis kelamin, berat badan, dan usia lainnya.

Penghitungan sistem kekebalan tubuh sebelumnya telah menggunakan berbagai metode untuk menganalisis tubuh pria, yang sebagian besar berfokus pada jaringan atau jenis sel tertentu, atau mempelajarinya melalui hewan pengerat; membatasi kemampuan generalisasi mereka pada manusia dalam segala bentuk dan bentuk dalam kedua kasus.

“Meskipun banyak penelitian yang meneliti sistem kekebalan tubuh manusia dari berbagai sudut pandang, terdapat kebutuhan untuk sensus komprehensif mengenai distribusi dan massa berbagai jenis sel kekebalan,” tulis para peneliti dalam makalah mereka, melansir Science Alert, Selasa, 31 Oktober 2023.

Salah satu pertanyaan mendesak di kalangan ahli imunologi adalah organ manakah yang merupakan reservoir sel kekebalan terbesar dalam tubuh manusia. Saluran pencernaan sering dikatakan mengandung sel-sel kekebalan paling banyak, meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelenjar getah bening, bukan usus, adalah yang paling imunogenik.

Kelenjar getah bening adalah jaringan kecil berbentuk kacang di sepanjang pembuluh limfatik tempat sel-sel kekebalan atau imun tubuh berada sebelum mengalir ke aliran darah. Namun jelas ada hubungan kuat antara sel kekebalan di usus, kesehatan, dan penyakit.

Sender dan rekannya Ron Milo, yang juga dari Weizmann Institute of Science, telah terkenal sebagai ahli biologi yang mampu menghitung sel, menghitung angka, dan menghilangkan mitos. Baru-baru ini, mereka telah merevisi perkiraan berapa banyak sel bakteri yang berada di dalam tubuh manusia, dan menemukan bahwa jumlah kita tidak kalah 10:1 seperti yang diperkirakan sebelumnya. 

Mereka juga menghitung seberapa sering sel-sel tubuh kita mengisi ulang dirinya sendiri: Sel-sel yang melapisi usus diganti setiap beberapa hari, pergantian sel darah setiap beberapa bulan, sementara sel-sel lain, seperti neuron, dapat bertahan seumur hidup. 

Dalam studi terbaru mereka, Sender dan rekannya mengumpulkan pengukuran dari penelitian sebelumnya dan analisis sampel jaringan untuk memperkirakan banyaknya sel kekebalan di seluruh tubuh, dan mencatat bagaimana jumlah sel kekebalan dapat bervariasi tergantung infeksi, jenis kelamin, berat badan, dan usia.

Para peneliti mengekstrapolasi temuan mereka pada pria dewasa untuk memperkirakan jumlah sel kekebalan pada wanita dewasa dan anak-anak, dan mendasarkan hasil mereka terutama pada proporsi tubuh.

Dibandingkan dengan laki-laki berbobot 73 kilogram di usia 20-an, perempuan dewasa dengan usia yang sama dengan berat 60 kilogram mungkin memiliki sekitar 1,5 triliun sel kekebalan, sehingga totalnya menjadi 1 kilogram. Seorang anak berusia 10 tahun akan memiliki sedikit lebih sedikit lagi: 1 triliun sel kekebalan dengan berat 600 gram. 

Namun hasil ini perlu ditafsirkan dengan hati-hati, karena perempuan lebih mungkin mengalami penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan lupus, dan sistem kekebalan tubuh anak-anak masih dalam tahap pematangan.

Limfosit, yang meningkatkan antibodi untuk menetralisir penyerang dan meningkatkan serangan seluler, membentuk sekitar 40 persen sel kekebalan, demikian temuan studi tersebut. 

Ilustrasi tubuh sehat.

Photo :

Namun, karena limfosit merupakan salah satu sel terkecil dalam tubuh, limfosit hanya mewakili 15 persen dari keseluruhan massa sistem kekebalan tubuh. Neutrofil, yang diproduksi di sumsum tulang dan melahap bakteri pengganggu, menyumbang 40 persen sel kekebalan dan 15 persen dari total massa sistem. 

"Di sisi lain, makrofag, sel dendritik, dan sel mast, yang berukuran 3 hingga 10 kali lebih besar, membentuk kurang dari 20 persen sel kekebalan namun menyumbang lebih dari 60 persen massa sel kekebalan,” tulis Sender dan rekannya.

Studi ini telah dipublikasikan di PNAS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya