Viral Jadi Sorotan, Kenapa di Google Maps Tidak Ada Palestina?

Google Maps.
Sumber :
  • laSexta

Jakarta – Siapapun pengguna yang mencari Palestina di Google Maps akan dibawa ke batas geografis berlabel Israel. Negara itu ada di peta, terlihat dari potongan-potongan wilayahnya. Namun, tidak adanya label Palestina telah memicu protes netizen.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Pengguna internet menuduh dua raksasa teknologi menghapus Palestina, negara tetangga Israel. Lalu alasan apa sebenarnya yang terjadi? Simak informasinya sebagai berikut:

Google Maps.

Photo :
  • Skift
Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Dilansir dari Express, Selasa, 31 Oktober 2023, Juru bicara Google juga telah buka suara soal tudingan tersebut. Raksasa teknologi itu mengatakan tidak pernah melakukan perubahan pada perbatasan atau wilayah tersebut.

Menurutnya, Google tak pernah menggunakan label Palestina pada layanan Google Maps. Selain itu juga memberikan rujukan pada pemberitaan Engadget tahun 2016 dan laporan surat kabar Paris Le Monde.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Kedua artikel itu mengutip pernyataan Google yang mengatakan tidak pernah ada label Palestina dalam layanan perusahaan.

Dosen senior Cornell University, Christine Leuenberger menjelaskan Palestina tidak akan pernah ada dalam layanan peta digital tersebut. Pada sebagian layanan terdapat istilah Tepi Barat dan Gaza.

"Di peta, nama 'Palestina' biasanya dikaitkan dengan sejarah Palestina sebelum pembentukan negara Israel dan tidak digunakan di media mainstream Barat," kata Christine Leuenberger.

Google Maps.

Photo :
  • laSexta

"Biasanya wilayah Palestina ditunjukkan melalui penggambaran garis demarkasi putus-putus yang berkonotasi dengan wilayah yang disengketakan dan wilayah (Gaza dan Tepi Barat) tetap tanpa nama. Atau, wilayah tersebut diwakili dengan garis putus-putus dan juga diberi label 'Tepi Barat' dan 'Gaza'."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya