Elon Musk Habiskan Harta Kekayaannya untuk 6 Hal Ini

Elon Musk.
Sumber :
  • WIRED

VIVA Tekno – Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia diketahui hidup sederhana meski kekayaan yang dimilikinya sangat luar biasa. Dia tinggal di sebuah rumah sewaan senilai US$50.000 atau sekitar Rp795 juta yang sederhana, menjual sebagian besar properti mewahnya, dan bahkan tidak membeli kasur baru jika ada yang berlubang atau rusak. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Tetapi itu bukan berarti Elon Musk sama sekali tidak boros, melainkan sebaliknya. Dia juga memiliki hobi dan kebiasaan seperti orang pada umumnya, hanya saja pilihannya agak tidak konvensional dibandingkan kebanyakan orang. Untuk apa saja Musk menghabiskan kekayaannya? 

1. Ambisi untuk Mengkolonisasi Mars

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Pemilik Twitter, sekarang X, Elon Musk.

Photo :
  • Fox Business

Dilansir dari South China Morning Post, sejak pertama kali dikenal publik, Elon Musk memiliki misi untuk mengkolonisasi Mars, dan dia mendirikan SpaceX dengan tujuan itu. Sang miliarder percaya bahwa manusia perlu memiliki rencana darurat jika Bumi tidak lagi layak huni. Hingga pada tahun 2021 lalu kekayaannya sekitar US$225 miliar dialokasikan untuk proyek tersebut.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

2. Properti

Rumah kontrakan Elon Musk.

Photo :
  • AutoEvolution

Kembali pada tahun 2012, Musk membuat berita ketika ia mengeluarkan US$17 juta untuk sebuah mansion seluas 20.248 kaki persegi di Bel Air, California. Menurut Los Angeles Times, rumah itu memiliki perpustakaan dua lantai, ruang studi, ruang anggur, lapangan tenis, tujuh kamar tidur, dan sepuluh kamar mandi. Saat itu, dia juga menginvestasikan jutaan dolar dalam setidaknya lima properti. 

Namun, pada Mei 2020, dia mengubah pikirannya, bersumpah untuk "tidak memiliki rumah" agar tidak dianggap sebagai sosok yang materi oleh para kritikusnya, dan membuktikan dedikasinya pada perusahaannya. Dia kemudian menjual tujuh rumahnya di California dengan total US$128 juta. Rumah utamanya sekarang adalah rumah sewaan senilai US$50.000 di Boca Chica, Texas, yang dia sewa dari SpaceX.

3. Mobil Selam James Bond

Mobil selam James Bond

Photo :
  • Carsbuzz

Tidak mengherankan jika bos Tesla dan SpaceX memiliki minat pada mobil yang tidak biasa. Menurut Insider, Musk membeli mobil selam Lotus Esprit pada tahun 2013. Mobil ini terkenal karena muncul dalam film James Bond "The Spy Who Loved Me." Menurut laporan, Elon Musk membayar US$920.000 untuk mobil ini dalam sebuah lelang.

Pesawat pribadi Elon Musk

Photo :
  • newyorkpost.com

Miliarder ini mungkin telah menyingkirkan properti mewahnya, tetapi ketika berkaitan dengan perjalanan, Musk memiliki sebuah pesawat jet pribadi Gulfstream G650ER senilai sekitar US$70 juta. G650 adalah salah satu pesawat jet pribadi tercepat, terbesar, dan dengan jarak terjauh di dunia.

Jet flagship ultra-long-haul ini menjadi berita utama setelah Jack Sweeney, seorang mahasiswa dari Orlando, Florida, mulai secara rutin men-tweet lokasi orang terkaya di Bumi. Musk mendaftar dalam program Federal Aviation Administration yang gratis dan memungkinkan pemilik jet pribadi untuk menyembunyikan lokasi mereka dengan mengirimkan kode identitas alternatif.  Namun, trik itu tidak berhasil, dan berkat Sweeney, seluruh dunia selalu tahu di mana keberadaan Musk atau siapa pun yang menggunakan jetnya. 

Elon Musk Bersama Tesla Cybertruck.

Photo :
  • The Verge.

Bukan hanya mobil selam yang menarik perhatiannya. Elon Musk jelas memiliki ketertarikan pada kendaraan yang tidak biasa dan langka. Selama bertahun-tahun, dia pernah memiliki Ford Model T tahun 1920, Jaguar E-Type Seri 1 tahun 1967, dan McLaren F1 yang harganya mencapai US$1 juta saat masih baru.

Musk juga terkenal karena mengirimkan Tesla Roadster tahun 2010 pribadinya yang dia gunakan untuk berangkat kerja ke luar angkasa sebagai bagian dari penerbangan uji Falcon Heavy milik SpaceX pada Februari 2018. Mobil ini terus mengorbit matahari hingga hari ini.

6. Coke Light

Ilustrasi diet coke atau soda bebas kalori.

Photo :
  • Pixabay

Bukan rahasia lagi bahwa Musk dulu menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Dia yang dikenal sebagai pekerja keras, bekerja antara 100-120 jam seminggu sangat mengandalkan kafein untuk menjaga dirinya tetap bersemangat. Dia dulu minum setidaknya delapan kaleng Coke Light sehari, serta beberapa cangkir kopi besar. Musk masih menghabiskan uangnya untuk kebiasaannya ini, hanya saja dia telah beralih ke versi Diet Coke tanpa kafein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya