Bisnis UKM Makin Mudah Lewat 1 Aplikasi

Aplikasi Antares Easy.
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA Tekno – Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran penting, bahkan menjadi garda terdepan bagi pertumbuhan ekonomi Nasional.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut UKM menyumbang hingga 69 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Di sisi lain, UKM juga menghadapi berbagai tantangan, seperti persaingan yang ketat, keterbatasan modal, dan terbatasnya akses ke teknologi digital.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Untuk itu, dibutuhkan sebuah solusi digital yang dapat membantu UKM meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keamanan usahanya.

Hal ini juga yang menjadi perhatian PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk terus mendorong ekonomi digital dengan mendigitalisasi UKM.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Salah satu inovasinya adalah Telkom Group melalui Indibiz merilis aplikasi baru yang kian melengkapi ekosistem solusi bisnis digital, yakni Antares Easy.

Dengan layanan dari Indibiz Ruko ini maka pemilik UKM bisa merasa nyaman dan aman menjalankan bisnisnya, di mana semua perangkat yang digunakan untuk usaha bisa dipantau secara efisien dan mudah.

Teknisi Telkom Indonesia.

Photo :
  • Dok. Telkom

Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom Iwan Rusdarmono mengatakan jika Antares Easy merupakan aplikasi berbasis IoT (Internet of Things).

Aplikasi ini ditujukan untuk pemilik UKM yang memiliki aset operasional usaha, baik rumah, toko, dan ruang usaha lain untuk bisa meningkatkan efisiensi operasionalnya.

"Dengan sistem ini, pelaku usaha bisa mengawasi dan mengatur aset dan sistem keamanannya secara presisi. Hal ini tentunya berujung pada penghematan biaya operasional yang signifikan sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan penting lainnya," kata dia, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 21 November 2023.

Smart Security

Antares Eazy merupakan solusi digital yang dihadirkan oleh Indibiz Ruko untuk mendukung keamanan dan kenyamanan bisnis UKM.

Dengan Antares Eazy, UKM dapat mengawasi situasi toko, gudang, atau kantor dari mana saja, kapan saja.

UKM juga dapat menghemat biaya listrik dengan mengatur jadwal nyala dan mati perangkat elektroniknya.

Antares Eazy juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan pelayanan yang personal dan cepat.

Salah satu fitur unggulan Antares Easy untuk kenyamanan dan keamanan UKM adalah Smart Security.

Sistem keamanan ini dibekali teknologi cloud computing sehingga dapat memberikan rekaman keamanan secara real-time.

Selain itu, akses keamanan bisa dilakukan kapan saja dan bisa dilihat ulang untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

"Tentunya solusi digital dari Indibiz Ruko ini juga mudah digunakan untuk siapa pun dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, karena dapat terhubung dengan berbagai jenis perangkat pintar dari berbagai macam merek,” jelas Iwan.

Google Assistant.

Photo :
  • Android Central

Google Assistant

Antares Eazy adalah sebuah ekosistem smart home yang dapat menghubungkan berbagai perangkat pintar, seperti IP Camera, Smart Plug, Door Sensor, Wall Switch, Smart Lights, dan Smart Socket, dalam satu aplikasi.

Dengan Antares Eazy, UKM dapat mengendalikan dan memantau perangkat pintarnya dari jarak jauh, melalui smartphone atau tablet.

Antares Eazy juga dilengkapi dengan fitur voice automation, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat pintarnya dengan perintah suara melalui Google Assistant.

Selain itu, Antares Eazy juga memiliki fitur smart security cloud recording, yang menyimpan rekaman video IP Camera di cloud, sehingga data rekaman tetap aman meskipun perangkat dicuri atau rusak.

Berikut cara berlangganan Antares Eazy via Indibiz:

1. Setelah melakukan pembelian security camera, kunjungi website Antares Eazy di https://eazy.co.id/ atau download aplikasi Eazy di Google Play Store atau App Store.

2. Pelanggan melakukan pairing IP Camera yang dimilikinya dengan aplikasi Antares Eazy.

3. Setelah proses pairing selesai, pelanggan dapat membeli add on Cloud Recording dan menikmati layanan cloud recording di aplikasi Antares Eazy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya