Ciri-ciri WhatsApp Dikendalikan dari Jauh

WhatsApp.
Sumber :
  • Unsplash

Jakarta – Penting bagi pengguna untuk memahami cara mengatasi situasi di mana WhatsApp mereka disadap guna menghindari potensi masalah serius.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Penyadapan dapat merugikan pengguna dengan memberikan peretas akses ke aktivitas WhatsApp, termasuk pesan pribadi dan daftar kontak.

Risiko yang lebih serius dapat timbul jika akun WhatsApp disadap, seperti kemungkinan kehilangan dana dari rekening. Metode peretasan bervariasi. Mulai dari pemasangan aplikasi pihak ketiga, memanfaatkan WhatsApp Web, hingga mengirimkan malware ke perangkat pengguna.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

WhatsApp x iMessage.

Photo :
  • News Text Area
WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Semua ini dapat menjadi ancaman serius, terutama mengingat peran WhatsApp dalam menerima One Time Password (OTP) dari aplikasi belanja online dan finansial.

Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang langkah-langkah untuk melindungi akun WhatsApp menjadi sangat penting. Tanda WhatsApp yang disadap cukup mudah dikenali. VIVA Tekno kasih tanda-tandanya:

1. OTP

One Time Password (OTP) merupakan enam angka kode dan biasanya dikirimkan ke SMS saat akan mengakses WhatsApp. Artinya jika ada pesan yang masuk ada yang berusaha masuk ke akun WhatsApp. Jangan berikan kode OTP ini pada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Salah satu ciri yang bisa dikenali adalah tiba-tiba keluar dari WhatsApp. Bisa jadi ada perangkat lain yang mencoba masuk ke akun WhatsApp. Anda bisa mengetahui perangkat lain itu dengan menekan ikon tiga titik dan pilih WhatsApp Web.

3. Pesan Terbaca

Saat ada pesan yang sudah terbuka dan dibaca, Anda harus berhati-hati. Ini bisa jadi pertanda akun kamu telah dibajak.

4. Pesan Terkirim Sendiri

WhatsApp.

Photo :
  • Wccftech

Ciri ini sama seperti sebelumnya. Waspadalah jika tiba-tiba ada pesan yang terkirim sendiri padahal Anda tak pernah mengirimkannya.

5. Status WA Asing

Terdapat status WA yang tiba-tiba muncul, padahal bukan dibuat oleh pengguna sendiri.

6. Melakukan panggilan telepon

Terdapat panggilan telepon asing di WhatsApp yang bukan dibuat oleh pengguna sendiri.

Sebelum penyadapan seperti di atas terjadi pada Anda, ada cara yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan verifikasi dua langkah atau two-step verification.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya