Indonesia Timur Diajak Melek Teknologi Fiber Optic dan Internet Positif

Papua Barat/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Papua, 7 Desember 2023 – PT Palapa Timur Telematika (PTT) bekerja sama dengan Google, Telkomsel, dan Stafsus Presiden Billy Mambrasar mengadakan program sharing session tentang teknologi fiber optic di Manokwari dan Bintuni, Papua Barat.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kegiatan yang diadakan beberapa waktu lalu tersebut diikuti oleh 350 peserta dari SMKN 2 Manokwari, STMIK Manokwari, dan SMKN 1 Bintuni.

Pada kegiatan ini, peserta diberikan materi tentang fiber optic, BTS dan pemanfaatan internet yang positif. Materi tentang fiber optic disampaikan oleh perwakilan PTT, sedangkan informasi mengenai BTS disampaikan oleh perwakilan Telkomsel dan materi tentang pemanfaatan internet yang positif disampaikan oleh perwakilan Google.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Peserta juga berkesempatan untuk praktik menggunakan alat-alat fiber optic, seperti OTDR, OPM, dan splicer. Praktik ini dilakukan secara langsung oleh tenaga ahli dari PTT.

Ilustrasi kabel serat optik

Photo :
  • Pixabay
Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Support Operation PTT sekaligus penyelenggara kegiatan, Widodo Yuli Prasetyo mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa dan mahasiswa di bidang telekomunikasi, serta mendorong putra daerah untuk berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur Palapa Ring Timur.

"Kami berharap nantinya siswa dan siswi khususnya putra daerah dapat berkontribusi untuk memajukan wilayahnya masing-masing," ujarnya, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bintuni Eko hadi mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, siswa-siswinya dapat menambah pengetahuan dan juga pengalaman dalam praktek penggunaan alat-alat telekomunikasi yang terus berkembang.

"Terima kasih terhadap PT Palapa Timur Telematika yang telah mengadakan kegiatan ini dengan mengajak Telkomsel dan juga Google, memberikan pengetahuan mengenai teknologi telekomunikasi," tuturnya.

Kegiatan sharing session tentang teknologi fiber optic ini merupakan wujud sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam membangun infrastruktur telekomunikasi di wilayah Indonesia Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya