Ahli Menjelaskan Cara Memilih Pohon Natal Paling Ramah Lingkungan

Ilustrasi pohon Natal.
Sumber :
  • Winsconsin

VIVA Tekno – Perayaan hari Natal tinggal menghitung hari. Selain dekorasi seperti lampu kelip, boneka salju, kaos kaki merah dan poster-poster Santa Claus mulai dipajang, pohon Natal adalah salah satu hal utama yang tidak pernah dilewatkan untuk dipajang. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Memilih pohon Natal tentu tak bisa sembarangan. Selain penggunaan dekorasi, satu hal yang sering menjadi pembicaraan adalah memilih menggunakan pohon buatan (artificial tree) atau pohon asli.

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Pohon Natal

Photo :
  • Istimewa

Menurut American Christmas Tree Association, 77 persen konsumen yang mereka survei lebih menyukai pohon buatan, sementara 23 persen lebih suka menampilkan pohon asli. Namun, pilihan mana yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan? 

Bela Eddy Hiariej, Yusril Sebut BW Berstatus Tersangka Seumur Hidup

Direktur Eksekutif The Nature Conservancy New York, Bill Ulfelder, mengatakan bahwa sebenarnya, pohon asli adalah pilihan yang lebih baik.

Dia menyarankan untuk membeli pohon dari pertanian setempat dan beberapa cara ramah lingkungan untuk membuangnya. 

"Ada sejumlah alasan, pertama karena pohon menghasilkan oksigen melalui fotosintesis, kedua karena dapat menjernihkan air, dan ketiga karena merupakan habitat satwa liar. Saya lebih suka melihat perkebunan pohon Natal daripada kondominium ketika saya berada di luar rumah pedesaan,” jelasnya, melansir CBS News, Kamis, 7 Desember 2023. 

“Kemudian pada akhir liburan, pohon asli dapat didaur ulang, dapat dijadikan mulsa, dapat digunakan untuk mencegah erosi di sekitar bukit pasir di pantai, itu adalah sesuatu yang saya lihat saat saya masih kecil,” lanjutnya.

Namun, yang sering menjadi pertanyaan: berapa lama pohon asli bisa bertahan?

Kebanyakan pohon Natal asli hanya bertahan sekitar empat hingga enam minggu, tetapi jika kamu memilih pohon yang terbaik dan menghindari kesalahan umum dalam menjaga pohon Natal, maka pohon Natal itu bisa tetap hidup lebih lama.

"Jika kamu memilih pohon Natal yang sehat, konsensus umumnya adalah bahwa pohon Natal akan bertahan selama empat hingga enam minggu, yang, jika pohon kamu tumbuh di bulan Desember, maka kamu tak perlu khawatir," kata Neil Miller, kepala tukang kebun di Hever Castle & Gardens dan ahli lingkungan. 

Ilustrasi Kartu Natal

Photo :
  • Pexels

“Pohon populer seperti Nordmann Fir atau Fraser Fir dapat bertahan selama lima minggu jika dirawat dengan baik,” lanjut Neil Miller. 

“Jika memotong langsung pohon dari kebun, tip yang baik saat melakukannya, selain memilih pohon yang sehat, adalah meminta penjual untuk memotong bagian pangkalnya lagi agar menjadi potongan baru, lalu menyimpannya di luar selama mungkin. mungkin, kamu juga bisa memasukkannya ke dalam air agar tidak mengering," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya