Telkomsel Kerahkan 'Pasukan' Jaga Libur Natal dan Tahun Baru

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel mengerahkan 'pasukan' untuk memperkuat infrastruktur dalam menyambut musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menkominfo Lagi Semringah

Vice President Global Network Operations Telkomsel Galumbang Pasaribu mengaku sudah menyiapkan 233 ribu Base Transceiver Station (BTS) dengan penambahan 53 BTS 4G baru serta 55 Combat (Compact Mobile BTS).

Ia juga mengatakan infrastruktur tersebut akan menghadirkan kapasitas jaringan sebesar 13,21 Tbps secara nasional. Di samping itu, Telkomsel juga menyiapkan kapasitas sebesar 11,08 Tbps untuk masyarakat yang membutuhkan internet dengan jangkauan internasional selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Driver Ojol juga Bisa Mudik Lebaran Gratis

"Kapasitas ini (11,08 Tbps) besar sekali," ungkapnya di Bandung, Jawa Barat, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

Menara BTS Telkomsel.

Photo :
  • Dok. Telkomsel

Secara khusus, peningkatan penggunaan layanan seluler paling banyak diprediksi berlangsung di Area 1 dan 4 dengan masing-masing mengalami peningkatan sebesar 13,2 persen dan 15,4 persen.

Area 1 meliputi area layanan di Pulau Sumatera dan Area 4 meliputi area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan. Sementara untuk Area 2 dengan cakupan Jawa Barat dan Jabodetabek diperkirakan mengalami peningkatan penggunaan layanan sebesar 10,9 persen.

Sementara Area 3 dengan cakupan layanan ada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB diperkirakan mengalami peningkatan 12,6 persen.

Ilustrasi mudik

Photo :
  • Pixabay

Bukan itu saja. Anak usaha Telkom Group ini juga memetakan secara nasional dimana terdapat 427 Point of Interest (POI) yang secara khusus akan ditingkatkan layanannya.

Secara lebih rinci tempat-tempat khusus itu terdiri dari 48 titik sentra transportasi seperti bandara dan stasiun, lalu 29 titik jalur mudik, 27 titik residensial, 2 titik rumah ibadah, dan sisanya 321 titik untuk tempat-tempat dengan keramaian seperti alun-alun kota serta destinasi wisata.

Telkomsel juga akan menyediakan 132 posko siaga yang akan beroperasi secara nasional untuk melayani pelanggan mendapatkan informasi mulai dari layanan telekomunikasi hingga hiburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya