Sering Kehilangan Uang, Warga Ciamis Pasang Spanduk 'Tuyul Dilarang Beroperasi'

Viral fenoman tuyul di Ciamis, Jawa Barat. Warga sampai pasang spanduk.
Sumber :
  • TikTok @harapanrakyat.com

Jawa Barat – Warga Dusun Cibubuhan di Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sedang merasa resah lantaran mengalami kehilangan uang secara misterius yang diduga karena tuyul.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Untuk mengatasi masalah ini, pemuda dan Karang Taruna Cibubuhan telah memutuskan untuk mengambil langkah-langkah kreatif.

Dengan memasang spanduk bertuliskan narasi tentang tuyul di berbagai titik, mereka berharap bisa mengingatkan pemilik tuyul agar tidak membiarkan makhluk tersebut berkeliaran di daerah mereka. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah kejadian kehilangan uang misterius terus terjadi.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Viral fenoman tuyul di Ciamis, warga sampai pasang spanduk

Photo :
  • TikTok @harapanrakyat.com
Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Spanduk-spanduk ini terpasang di lokasi-lokasi strategis di sepanjang pinggir jalan dusun. Salah satu yang tertulis di spanduk seperti ini, "Mohon kesadarannya kepada pemilik tuyul, jangan beraksi lagi di daerah ini... Perbuatan ini merupakan dosa besar." Selain tulisan, spanduk ini juga dilengkapi dengan gambar mahluk botak atau tuyul untuk memberikan peringatan yang lebih kuat.

Tidak hanya itu, spanduk lain berukuran kecil juga dipasang dengan tulisan, "Peringatan: Tuyul Dilarang Beroperasi di Wilayah Ini. Perbuatan Anda Dosa Besar." Upaya ini diharapkan dapat menciptakan kesadaran di kalangan pemilik tuyul agar tidak melanjutkan perilaku yang merugikan ini di wilayah tersebut.

Viral fenoman tuyul di Ciamis, warga sampai pasang spanduk

Photo :
  • TikTok @harapanrakyat.com

Fenomena tuyul di Ciamis ini diketahui sudah berlangsung sejak 2 atau 3 tahun yang lalu. Hingga akhirnya warga sudah merasa sangat kesal dan jengkel sampai memutuskan untuk memasang spanduk.

“Sekitar dua tahun tiga tahunan lah, karena sudah resah aja jengkel,” kata Ketua Karang Taruna  Cibubuhan, Wahyu Maulana Sidik yang dikutip dari TikTok @harapanrakyat.com, Rabu, 6 Desember 2023.

Wahyu juga memberikan pesan kepada orang yang memelihara tuyul agar segera bertobat karena itu adalah salah satu perbuatan dosa besar. Dirinya mengimbau agar lebih baik bekerja keras dan usaha supaya kaya. 

“Harapannya jangan seperti itu, tobatlah, pelihara tuyul tuh perbuatan dosa besar kan lebih baik kerja keras, usaha yang benar, itu yang buat bisa kaya gitu kan,” tandasnya. 

Komentar Netizen

“trus tuyul itu bakal baca kali ya.”

“pdhl pemilik tuyul ada dstu,ikut masang spanduk.”

“Semoga si tuyul bisa membaca tulisan itu.”

“di Kampung ku sampai bikin baliho (tuyul dilarang beroprasi keras).”

“Ngaji sekampung aja mass doain bareng² insyaallah good.”

“yang punya hanya senyum senyum aja.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya