Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

Ilustrasi planet terpanas.
Sumber :
  • SciTechDaily

VIVA Tekno – Jika kamu berpikir bahwa planet Jupiter besar, maka kamu akan ternganga ketika mengetahui planet yang satu ini. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sebuah planet asing yang sangat besar, yang 11 kali lebih besar dari Jupiter, ditemukan pada orbit terjauh yang pernah ditemukan di sekitar bintang induk tunggal.

Planet ekstrasurya yang baru ditemukan, dijuluki HD 106906 b, membuat semua benda planet di tata surya sekelilingnya kecil, dan mengelilingi bintangnya pada jarak 650 kali jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari. Tak heran, planet ini diklaim identik dengan gambaran planet dari film Superman.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Superman Jonathan Kent

Photo :
  • DC Comics

Keberadaan planet yang begitu besar dan mengorbit jauh menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana planet aneh ini terbentuk, kata para peneliti. 

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

"Sistem ini sangat menarik karena tidak ada model pembentukan planet atau bintang yang dapat menjelaskan secara lengkap apa yang kita lihat,” kata pemimpin peneliti Vanessa Bailey, mahasiswa pascasarjana tahun kelima di departemen astronomi Universitas Arizona, dalam sebuah pernyataan, melansir Space, Rabu, 6 Desember 2023. 

Dalam teori pembentukan planet yang paling umum diterima, diperkirakan bahwa planet-planet yang mengorbit dekat dengan bintang induknya, seperti Bumi, bermula dari benda-benda kecil sejenis asteroid yang berkumpul dalam piringan gas dan debu purba di sekitar bintang yang sedang berkembang. 

Namun, proses ini berjalan terlalu lambat untuk menjelaskan bagaimana planet raksasa terbentuk jauh dari bintangnya, kata peneliti.

Hipotesis alternatif menunjukkan bahwa planet raksasa yang jauh mungkin terbentuk dengan cara yang mirip dengan sistem bintang biner mini, kata Bailey.

“Sistem bintang biner dapat terbentuk ketika dua gumpalan gas yang berdekatan runtuh secara independen untuk membentuk bintang, dan bintang-bintang ini berada cukup dekat satu sama lain untuk menimbulkan gaya tarik gravitasi timbal balik dan mengikat mereka bersama-sama dalam sebuah orbit,” jelasnya. 

Dalam sistem HD 106906, bintang dan planet mungkin runtuh secara independen, namun material yang menggumpal untuk membentuk planet tidak cukup untuk tumbuh cukup besar untuk berubah menjadi bintang baru, kata Bailey. 

Namun, masih ada masalah dengan skenario ini. Perbedaan massa dua bintang dalam sistem biner biasanya tidak lebih dari rasio 10 banding 1. “Dalam kasus kami, rasio massanya lebih dari 100 banding 1,” kata Bailey. 

Ilustrasi planet terpanas.

Photo :
  • SciTechDaily

"Rasio massa ekstrem ini tidak diprediksi dalam teori pembentukan bintang biner sama seperti teori pembentukan planet yang memperkirakan bahwa kita tidak dapat membentuk planet sejauh ini dari bintang induknya,"

Planet HD 106906 b baru berusia 13 juta tahun, dan masih bersinar akibat sisa panas pembentukannya, kata para peneliti. Sebagai perbandingan, Bumi terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu, yang membuatnya kira-kira 350 kali lebih tua dari planet ekstrasurya yang baru ditemukan itu. 

Planet ini ditemukan menggunakan kamera inframerah termal yang dipasang pada teleskop Magellan di Gurun Atacama di Chili. Para peneliti menggunakan data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk mengkonfirmasi penemuan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya