Tsunami dan Gempa Bisa Terjadi Bersamaan di Bumi

Ilustrasi Bumi.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Meskipun Bumi selalu berputar, kita tidak dapat merasakannya, dan kamu mungkin menganggapnya biasa saja. Tapi, apa yang akan terjadi jika Ia berhenti?

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dilansir VIVA Tekno dari Space, Rabu, 17 Januari 2024, menyebut jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar, maka akan terjadi bencana besar.

Hampir semua orang dan segala sesuatu yang tidak terikat pada planet ini akan terus bergerak dengan kecepatan rotasi Bumi saat ini, sekitar 1.000 mph (1.600 km/jam) pada kecepatan tercepatnya, yaitu di sepanjang garis khatulistiwa.

Kapan Bumi Kiamat?

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • Time24News
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

"Momentum dari semua materi yang biasanya berputar - air, udara, semua bangunan dan hal-hal seperti itu - akan menyebabkan mereka terus berputar," kata Andrew Layden, seorang profesor fisika dan astronomi di Bowling Green State University di Ohio. "Jadi, mereka [akan] memisahkan diri dari permukaan dan terus berputar-putar, pada dasarnya, dalam orbit rendah mengelilingi Bumi."

Satu-satunya bagian dari planet kita yang mungkin tidak terlalu terpengaruh adalah di atau dekat kutub, yang hanya sedikit berotasi atau bahkan tidak berotasi sama sekali. Namun, kekuatan ekstrem tersebut kemungkinan akan memicu tsunami dan gempa Bumi bersamaan, sehingga keadaan akan menjadi sangat buruk bagi seluruh Bumi.

Jika Bumi melambat dan berhenti secara bertahap, kehidupan masih akan berubah secara drastis. Misalnya, lama siang dan malam akan menjadi lebih panjang hingga masing-masing berlangsung selama enam bulan. Hal ini juga akan mengubah cuaca kita, kata Layden, karena arus udara dan lautan sangat dipengaruhi oleh rotasi Bumi.

Ada kemungkinan bahwa kurangnya rotasi akan mempengaruhi seberapa baik kehidupan dapat bertahan di Bumi, kata Layden. Planet kita menghasilkan medan magnet, yang melindungi kita dari radiasi berbahaya dari luar angkasa.

Para ilmuwan menduga medan magnet Bumi terkait dengan logam cair yang mengalir di inti luar planet kita, yang menghasilkan arus listrik dan medan magnet yang dihasilkan akibat rotasi Bumi. Beberapa peneliti berpikir bahwa hilangnya medan magnet Mars di masa lalu berkontribusi pada planet ini menjadi tidak dapat dihuni, kata Layden. 

Sisi Positif Jika Berhenti Berputar

Kabar baiknya, sangat kecil kemungkinannya Bumi akan berhenti berotasi, kata para ilmuwan. Semua planet yang kita kenal berotasi, dan bahkan bintang-bintang pun berotasi dengan lambat.

Bintang terbentuk dari massa gas dan debu yang sangat besar dan berputar-putar yang mengembun secara bertahap. Karena tata surya terbentuk dari piringan besar puing-puing di sekeliling matahari yang sedang tumbuh, materi yang membentuk tata surya juga berputar. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar planet di tata surya berputar pada arah yang sama.

Ilustrasi Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • CNET

Planet juga berputar karena ada objek yang menabraknya, biasanya pada saat pembentukan planet. Sama seperti bola biliar, kecuali jika kedua objek saling menabrak satu sama lain, salah satu atau keduanya akan mulai berputar.

Tabrakan juga merupakan satu-satunya cara agar planet bisa berhenti berputar secara tiba-tiba, kata Layden, atau setidaknya rotasi planet melambat secara dramatis.

Jika sebuah objek yang sangat besar seukuran planet menabrak planet kita - seperti yang terjadi pada tabrakan yang membentuk bulan Bumi, tabrakan yang sangat besar itu bisa saja melawan putaran Bumi atau bahkan menyebabkan planet ini berputar ke arah yang berlawanan. Hal ini mungkin pernah terjadi pada setidaknya satu planet di tata surya kita.

"Venus berputar sangat lambat - bahkan, sangat lambat ke belakang dibandingkan dengan Bumi dan [semua] planet-planet terestrial dalam lainnya," kata Layden, kemungkinan akibat tabrakan tersebut.

Ilustrasi Bumi.

Photo :
  • Pixabay

Uranus juga berotasi berlawanan arah dengan Bumi, dan miring. Para ilmuwan menduga bahwa rotasi asli Uranus dan Venus mungkin telah "dihentikan" oleh satu tumbukan besar, beberapa tumbukan kecil, atau gangguan pada rotasi mereka oleh gaya gravitasi yang besar.

Dalam kasus Venus, gaya gravitasi yang dimaksud adalah gaya gravitasi matahari pada atmosfernya yang tebal; sedangkan untuk Uranus, gaya gravitasi yang dimaksud adalah bulan besar yang pada akhirnya terlontar dari orbitnya.

Untungnya, rotasi planet kita tidak terancam terganggu oleh gaya gravitasi yang sangat besar, dan jika Bumi bertabrakan dengan objek seukuran planet, kita akan menghadapi masalah yang lebih besar. Namun, kata Layden, skenario ini sangat kecil kemungkinannya terjadi di tata surya kita yang modern, di mana orbit planet-planet cukup teratur dan tidak mungkin berpapasan dengan objek-objek masif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya