Bisakah Melubangi Bumi hingga Tembus ke Sisi Lain? Ini Jawabannya

Ilustrasi Bumi.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Banyak lapisan Bumi yang tersembunyi dari pandangan. Tapi bagaimana jika kita bisa mengebor atau melubangi pusat planet ini hingga ke sisi lainnya? Kekuatan dan temperatur ekstrem apa yang akan kita temui jauh di dalam planet ini?

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Dilansir VIVA Tekno dari Live Science, Jumat, 29 Desember 2023,  pengeboran menembus Bumi masih merupakan fiksi ilmiah, para ilmuwan memiliki beberapa gagasan tentang apa yang mungkin terjadi berdasarkan pengalaman dari proyek-proyek pengeboran lainnya.

Kapan Bumi Kiamat?

Ilustrasi Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • CNET

Diameter Bumi adalah 7.926 mil (12.756 kilometer), jadi mengebor sampai ke dalam Bumi akan membutuhkan bor raksasa dan waktu puluhan tahun.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Lapisan pertama yang dibor adalah kerak bumi, yang tebalnya sekitar 60 mil (100 km), menurut U.S. Geological Survey. Tekanan atmosfer akan meningkat seiring dengan semakin jauhnya pengeboran di bawah tanah.

Setiap 10 kaki (3 meter) batuan sama dengan sekitar 1 tekanan atmosfer, tekanan di permukaan laut, kata Doug Wilson, seorang ahli geofisika di University of California, Santa Barbara, kepada Live Science.

"Itu bertambah dengan sangat cepat ketika Anda berbicara tentang sejumlah besar kilometer," katanya.

Lubang terdalam yang dibuat manusia saat ini adalah Kola Superdeep Borehole di Rusia, dengan kedalaman 7,6 mil (12,2 km). Di bagian bawahnya, tekanannya mencapai 4.000 kali lipat dari tekanan di permukaan laut.

Para ilmuwan membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk mencapai kedalaman ini, menurut World Atlas. Dan itu masih lebih dari 50 mil (80 km) jauhnya dari lapisan berikutnya, mantel, menurut data lapisan bumi dari USGS. Mantel adalah lapisan batuan gelap dan padat setebal 1.740 mil (2.800 km) yang menggerakkan lempeng tektonik.

Batas antara mantel dan inti disebut "Moho" (kependekan dari "Mohorovičić discontinuity"). Para ilmuwan pertama kali mencoba menggali di sini melalui dasar laut yang dalam pada tahun 1950-an dan 1960-an dengan Proyek Mohole, tetapi mereka tidak berhasil.

Lubang yang dibuat untuk mengebor planet ini akan runtuh kecuali jika kita terus memompa cairan pengeboran ke dalam lubang. Dalam pengeboran laut dalam dan sumur minyak, cairan tersebut adalah campuran lumpur yang mengandung mineral berat, seperti barium.

Berat fluida tersebut menyeimbangkan tekanan di dalam lubang dengan tekanan batuan di sekitarnya dan mencegah lubang tersebut runtuh, jelas Wilson.

Ilustrasi Bumi.

Photo :
  • Pixabay

Cairan pengeboran memiliki dua peran tambahan: Cairan ini membersihkan mata bor untuk mencegah pasir dan kerikil menyumbat mesin, dan membantu menurunkan suhu, meskipun hampir tidak mungkin untuk menjaga agar bor tetap dingin di lapisan terdalam Bumi.

Sebagai contoh, suhu di dalam mantel bumi mencapai 2.570 derajat Fahrenheit (1.410 derajat Celcius). Baja tahan karat akan meleleh, sehingga bor ini harus dibuat dari paduan khusus yang mahal, seperti titanium, kata Wilson.

Setelah melewati mantel, bor akhirnya akan mencapai inti Bumi sekitar 1.800 mil (2.896 km) ke bawah. Inti luar Bumi sebagian besar terbuat dari besi dan nikel cair dan sangat panas, dengan suhu berkisar antara 7.200 hingga 9.000 F (4.000 hingga 5.000 C), menurut California Academy of Sciences. Mengebor paduan besi-nikel yang panas dan cair ini akan sangat sulit.

"Hal itu akan menimbulkan berbagai macam masalah," kata Damon Teagle, seorang profesor geokimia di University of Southampton di Inggris, kepada Live Science. Inti luar yang berapi-api akan seperti mengebor cairan, dan kemungkinan besar akan melelehkan bor kecuali jika air dingin dipompa ke bawah.

Kemudian, setelah 3.000 mil (5.000 km), bor akan mencapai inti bagian dalam, di mana tekanannya sangat kuat sehingga, meskipun suhu terik, inti nikel dan besi tetap solid. "Anda akan benar-benar berada pada tekanan yang tak terlukiskan," kata Teagle - sekitar 350 gigapascal, atau 350 juta kali tekanan atmosfer.

Selama itu pula, bor akan ditarik ke bawah ke inti oleh gravitasi Bumi. Di pusat inti, gravitasi akan serupa dengan berada di orbit - secara efektif tidak berbobot. Itu karena tarikan massa Bumi akan sama ke segala arah, kata Wilson.

Kemudian ketika bor berlanjut ke sisi lain planet ini, tarikan gravitasi akan berubah relatif terhadap posisi bor, yang secara efektif menariknya "ke bawah" ke arah inti lagi. Bor harus bekerja melawan gravitasi saat mendorong "ke atas" menuju permukaan, kembali melalui inti luar, mantel, dan kerak untuk membalikkan perjalanan ke bawah.

Jika semua rintangan ini diatasi, masalah terbesar setelah Anda mencapai titik tengah adalah bahwa Anda masih harus "menempuh perjalanan panjang" untuk mencapai sisi lain, kata Teagle.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya