Cara Menyembunyikan Chat Pakai Kode Rahasia dari WhatsApp

Kode Rahasia WhatsApp.
Sumber :
  • Beta News

VIVA Tekno – WhatsApp selalu berinovasi. Untuk kamu yang memiliki chat rahasia yang ingin disembunyikan, kini WhatsApp menyediakan layanan tersebut, lho.

Tips Ngecek Nomor WhatsApp Kita Disimpan atau Tidak, Cara Terakhir Diyakini Ampuh

Baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan cara baru untuk menjaga obrolan pengguna yang terkunci dari pengintaian. 

WhatsApp meluncurkan 'Chat Lock atau fitur 'Mengunci Obrolan' untuk memungkinkan pengguna mengunci obrolan mereka dengan kata sandi perangkat atau biometrik, seperti sidik jari atau face id. 

Menyusun Pesan di WhatsApp Makin Mudah, Hemat dan Efektif

WhatsApp.

Photo :
  • Getty Images

Obrolan terkunci ini tersembunyi di balik folder 'Obrolan Terkunci’ yang muncul di daftar obrolan. Oleh karena itu, WhatsApp telah mengumumkan fitur baru yang disebut Kode Rahasia untuk Kunci Obrolan untuk memberikan lapisan keamanan dan privasi tambahan pada obrolan yang terkunci ini.

WhatsApp May Block People Taking Screenshot of Others Photo Profile

"Dengan kode rahasia, kini Anda dapat menyetel kata sandi unik yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel guna memberikan lapisan privasi tambahan pada obrolan Anda yang terkunci," tulis keterangan WhatsApp, melansir Beta News, Kamis, 7 Desember 2023. 

"Anda akan memiliki opsi untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci dari daftar obrolan Anda, sehingga folder tersebut hanya dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia Anda di bilah pencarian," lanjutnya. 

Dengan fitur Kode Rahasia, kini pengguna dapat mengatur kata sandi yang berbeda dari kata sandi perangkat untuk menyembunyikan folder Obrolan Terkunci dari daftar obrolan, dan itu hanya dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia pengguna di bilah pencarian WhatsApp. 

Saat mengaktifkan Chat Lock, konten notifikasi dan kontak akan disembunyikan. Notifikasi akan ditampilkan sebagai "WhatsApp: 1 pesan baru" saja.

Pengguna dapat menggunakan huruf, angka, karakter khusus, dan bahkan emoji untuk membuat kode rahasia baru. Dan jika pengguna tidak ingin menyembunyikan Obrolan Terkunci, pengguna tetap bisa menampilkannya di daftar obrolan.

Bagaimana Cara Menggunakan Chat Lock WhatsApp?

Berikut cara mengaktifkan chat lock WhatsApp untuk menyembunyikan dari orang lain:

Buka aplikasi WhatsApp.

Kemudian, klik info profil pengguna yang ingin pesannya disembunyikan.

Ketuk “Chat Lock”.

Selanjutnya, Klik opsi “Kunci Chat ini dengan sidik jari” atau “Kunci Chat ini dengan ID Wajah” dan konfirmasi dengan memindai sidik jari atau pemindahan wajah.

Ketuk “View” untuk melihat folder chat yang dikunci.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, maka pesan atau percakapan yang dikunci otomatis akan berpindah ke folder “Chat Lock.”

Kode Rahasia WhatsApp

Photo :
  • Beta News

WhatsApp juga menjadikan penguncian obrolan lebih mudah dan nyaman karena pengguna kini bisa mengunci obrolan dengan menekannya lama alih-alih membuka pengaturan obrolan. 

Fitur Kode Rahasia ini sudah mulai diluncurkan dan akan tersedia secara global untuk semua pengguna dalam beberapa bulan mendatang.

Tertarik mencoba?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya