Jaringan Telekomunikasi di IKN Harus 5G

Teknologi 5G.
Sumber :
  • China Daily

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong operator seluler menggelar jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk memberikan layanan dan kemajuan pada ekosistem digital.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Ibu Kota Negara Nusantara didesain menjadi kota pintar dan digital hub. Pembangunan IKN, Kalimantan Timur ditargetkan akan memberikan dampak positif pada kemajuan ekosistem digital.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN agar memungkinkan penggunaan teknologi baru dan mutakhir.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Ibu Kota Negara Nusantara

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal
Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Ia menjelaskan, pembangunan IKN ditargetkan memberi dampak positif untuk tiga indikator utama kemajuan ekosistem digital. Pertama, peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government indeks dari PBB.

Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100 persen untuk semua penduduk dan bisnis. Ketiga, tingkat kepuasan berbisnis bidang layanan digital yang mencapai 75 persen atau lebih.

"Kami mendorong tergelarnya infrastruktur digital di IKN untuk memungkinkan penggunaan teknologi baru termutakhir seperti penggunaa autonomous vehicle, internet of things (IoT) berbasis 5G, dan big data dapat berjalan secara simultan dan kontinyu," kata dia, dalam diskusi IndoTelko Forum secara hybrid.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi

Photo :
  • Dok: FMB9

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan jaringan internet di IKN semuanya harus sudah 5G. "(Semuanya) Harus 5G. Sudah dicanangkan smart city masa’ smart internetnya cuma 50 Mbps?" ungkapnya.

Seperti diketahui, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan semata menggeser infrastruktur fisik pemerintah pusat, melainkan juga membangun ekosistem kota pintar atau smart city.

Dengan begitu, IKN diharapkan dapat menjadi kota yang mengedepankan inklusi sosial dan modern, dengan tetap memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya