WhatsApp Punya Fitur yang Mirip di Film Mission Impossible

WhatsApp.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Ada yang ingat dengan adegan seseorang menerima telepon, dan di akhir percakapannya si penelepon bilang, "telepon/rekaman ini akan hancur dengan sendirinya dalam waktu 5 detik!"

2 Fitur Ini Jadi Sorotan Pengguna Mitsubishi Xforce

Kata-kata itu sangat khas menempel di serial TV Mission Impossible. Nah, ada kemiripan cara kerja fitur baru yang dimiliki WhatsApp.

Kalau pada film Mission Impossible rekaman akan hancur dalam 5 detik, maka di WhatsApp akan langsung hilang ketika penerima menekan ikon pesan dari pengirim. Fitur tersebut adalah Pesan Suara.

Menyusun Pesan di WhatsApp Makin Mudah, Hemat dan Efektif

Sebagai informasi, WhatsApp sudah memperkenalkan Fitur Sekali Lihat untuk foto dan video pada 2021 yang tujuannya menambahkan lapisan privasi pada pesan pengguna.

Kini, Fitur Pesan Suara dirilis agar pengguna dapat mengirim pesan dalam bentuk suara ke orang yang dituju, lalu otomatis akan langsung menghilang setelah didengarkan.

WhatsApp May Block People Taking Screenshot of Others Photo Profile

Fitur ini baik untuk memberi tahu detail kartu kredit Anda kepada teman, atau saat Anda merencanakan sebuah kejutan, maka Anda sekarang dapat berbagi informasi sensitif melalui pesan suara tanpa perlu khawatir.

"Agar konsisten dengan foto dan video Sekali Lihat, maka Pesan Suara sekali dengar akan ditandai dengan ikon 'satu kali', dan hanya dapat diputar satu kali saja," ungkap WhatsApp, dalam keterangan resminya, Sabtu, 9 Desember 2023.

Seperti halnya semua pesan pribadi, WhatsApp sudah melindungi Pesan Suara dengan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption). Fitur Pesan Suara akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya, WhatsApp resmi mengenalkan fungsi tambahan berupa kode rahasia untuk Fitur Chat Lock atau Kunci Rahasia yang memungkinkan pengguna mengunci obrolan dengan kode rahasia sehingga dapat melindungi privasi pengguna dengan lebih baik lagi.

Kode rahasia ini dapat menjadi langkah tambahan perlindungan sehingga nantinya obrolan terkait menjadi lebih sulit ditemukan oleh orang lain yang memiliki akses ke ponsel, atau saat pengguna berbagi ponsel dengan orang lain.

Dengan kode rahasia, pengguna dapat mengatur kata sandi unik yang berbeda dari yang pengguna pakai untuk membuka kunci ponsel guna memberikan lapisan privasi ekstra pada chat yang terkunci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya