Satelit Satria-1 Siap Beroperasi

Satelit Satria-1.
Sumber :
  • Dok. Kominfo

VIVA Tekno – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kemenkominfo) mengumumkan bahwa Satelit Republik Indonesia-1 (Satria-1) sukses menjalani uji coba jaringan dan menjadi penanda bahwa satelit itu siap beroperasi menghadirkan konektivitas di Indonesia.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Uji coba jaringan tersebut diikuti langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dengan melakukan konferensi video lewat Zoom dengan para penguji jaringan di enam lokasi. "Jaringannya sudah bagus. Awal tahun depan semoga bisa melayani masyarakat," katanya di Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Pengujian jaringan Satria-1 dilakukan di enam kota, yaitu Kota Manokwari di Papua Barat, Kota Jayapura di Papua, Kota Ambon di Maluku, Kota Batam di Kepulauan Riau, Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur, dan Kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Dalam pelaksanaan uji coba integrasi dan aktivasi yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember sekitar pukul 13.30 WIB, Satria-1 dipastikan telah lolos uji dan terkoneksi dengan internet.

Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo Fadhilah Mathar dan Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso juga turut hadir mengikuti konferensi video tersebut. Menurut mereka, pelaksanaan tahap uji coba Satria-1 itu merupakan sebagian tes dari uji layak operasi.

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

"Zoom meeting sekarang ini menggunakan jaringan Satelit Satria-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan. Kami berharap bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal sudah clear," tutur Adi Rahman.

Ia pun optimistis uji coba integrasi dan aktivasi Satelit Satria-1 dapat segera selesai sebelum akhir Desember 2023. Tahapan uji coba integrasi dilakukan setelah suksesnya peluncuran SATRIA-1 pada Juni tahun ini. Pada November kemarin, satelit tersebut sudah sampai di orbit 146 Bujur Timur. (Ant)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya