Menyeleksi UKM Terbaik

Ilustrasi startup/UKM.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Studi Boston Consulting Group (BCG) dan Telkom Indonesia pada 2022 melaporkan sebanyak 77 persen pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67,5 persen di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat.

Selaras dengan ini, Telkomsel kembali menghadirkan Digital Creative Entrepreneurs (DCE) untuk membantu mengakselerasi transformasi digital sektor UKM di Tanah Air.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

"DCE hadir bagaimana bisa mengakselerasi bisnis, memberikan edukasi, meningkatkan bisnis dengan literasi digital bisnis rekan UKM dapat meningkat 1,6 kali dan bisa meningkatkan pasar ekspor dan memperluas pasar yang lain," ungkap General Manager Corporate Social and Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso, Kamis, 7 Desember 2023.

Ia mengaku jika DCE tahun ini akan diisi kegiatan di empat kota meliputi Medan, Surabaya, Balikpapan dan Bandung, dengan empat kategori, yaitu fesyen, makanan dan minuman, kerajinan, serta perawatan tubuh.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Gedung Telkom Indonesia.

Photo :
  • Dok. VIVA

Gedung Telkom Indonesia.

Photo :
"Kami menyediakan mentor untuk masing-masing kategori tersebut, serta memberikan kurikulum bagi semua peserta yang masuk kategori 32 besar di dalam program ini," jelas Andry.

Pendaftaran Digital Creative Entrepreneurs (DCE) sudah dibuka hingga Februari 2024. Tahap pertama, Telkomsel akan memilih 300 peserta UKM yang akan diperkenalkan dengan ekosistem digital milik anak usaha Telkom Group ini dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha.

Setelah itu, peserta akan dikerucutkan menjadi 32 peserta pada tahap pitching (presentasi bisnis untuk menarik calon kolaborator), sebelum memasuki tahap akademi yang hanya diikuti 12 peserta untuk mentoring bersama para ahli. "Kami akan memilih lima UKM sebagai peserta terbaik DCE gelombang ketiga," tutur Andry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya