idEA Pede Raup Rp25 Triliun dalam Tiga Hari

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumumkan perhelatan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2023 di Indonesia siap digelar mulai 10-12 Desember mendatang dan meraup transaksi senilai Rp25 triliun.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

"Kami optimistis bisa terkumpul nilai transaksi Rp25 triliun dalam waktu tiga hari," ungkap Ketua Umum idEA Bima Laga, Sabtu, 9 Desember 2023. Target transaksi Harbolnas tahun ini mengalami kenaikan dari Harbolnas 2022 yang mencapai nilai transaksi total sebesar Rp22,7 triliun.

Kegiatan Harbolnas 2023 menjadi spesial karena asosiasi menyiapkan dua kategori khusus pada gelaran promosi belanja online terbesar di Indonesia. Kategori pertama, promosi khusus produk-produk buatan lokal yang berlangsung di 10-11 Desember.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Kategori kedua, promosi untuk kategori umum yang disiapkan mewarnai puncak Harbolnas 2023 atau pada 12 Desember. Lebih lanjut, idEA dan Kemendag mencatat total pelaku usaha lokal yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam Harbolnas 2023 mencapai jumlah tertingginya, yaitu sekitar 572 pelaku usaha.

Masyarakat dapat melihat situs web resmi idEA khusus Harbolnas 2023 untuk melihat pelaku usaha lokal dan jenama mana saja yang ikut terlibat dalam program tersebut.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Di situs itu, masyarakat bisa melihat UMKM yang terlibat di setiap kategori produk dan dapat langsung diarahkan ke laman pembelanjaan apabila memilih salah satu penjual di situs web ini.

Bima Laga mengatakan untuk produk-produk lokal diharapkan bisa mendominasi lebih banyak transaksi sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). "Dari Rp25 triliun itu, produk lokal ditargetkan berkontribusi 70 persen," tegas dia.

Kepala Bidang Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Liz Zeny Merry mengatakan kehadiran Harbolnas 2023 bisa mendorong lebih banyak masyarakat yang tertarik beralih menjadi pelanggan produk lokal.

"Memang mendukung produk lokal berkembang itu butuh proses dan salah satu prosesnya adalah memberikan dukungan untuk mengoptimalkan transaksi yang ada dalam tiga hari ini (dalam Harbolnas) sehingga 70 persen ini bisa dicapai dari produk-produk lokal," ujar Liz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya