Ilmuwan Ciptakan Padi 'Tekbal' Hadapi Pemanasan Global

Ilustrasi petani milenial / melek teknologi pertanian.
  • STEINBAUER Performance

Vietnam – Ilmuwan sedang melakukan manipulasi genetik untuk mengembangkan varietas padi yang memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan memerlukan sedikit air.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Padi varietas ini dianggap krusial untuk masa depan mengingat terus terjadinya pemanasan global. Salah satu dampak negatif dari kenaikan suhu global adalah intrusi air laut ke daratan.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Institute for Sustainable Food, University of Sheffield, menemukan bahwa mengurangi jumlah stomata pada padi dapat meningkatkan ketahanannya terhadap kadar garam, sehingga memberikan dampak positif pada pertumbuhan dan adaptasi tanaman ini.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Hasil Panenan Padi. (ilustrasi)

• vstory

Dilansir VIVA Tekno dari TCD, Jumat. 22 Desember 2023, stomata mengatur penyerapan karbon dioksida dan kehilangan air untuk tanaman paling penting di Bumi.

Padi menyumbang 20 persen dari kalori manusia dan memerlukan 40 persen irigasi di seluruh dunia. Para peneliti bekerja sama dengan High Agricultural Technology Research Institute di Vietnam untuk merekayasa gen EPF1 pada 72 varietas padi yang dibudidayakan secara tradisional dan padi tersebut tidak mengandung gen dari organisme lain.

"Kami akan beralih ke teknologi pengeditan gen di masa depan yang akan memungkinkan peneliti untuk mengubah tanaman tanpa meninggalkan DNA asing di tanaman pada saat proses selesai," kata penulis utama Robert Caine kepada Food Navigator.

Ide serupa semakin populer. Ilmuwan dari University of Maryland telah mengembangkan apel tahan panas dan tahan penyakit.

Kemudian, sebuah peternakan di Israel sedang meleburkan buah-buahan produk mereka termasuk plumeganat, aromakot, blackot, dan plum semangka, untuk bertahan dari cuaca ekstrem.

Laporan terbaru menyebut 3,5 miliar orang bergantung pada padi setiap hari dan Vietnam adalah salah satu tempat di mana tanaman ini semakin sulit tumbuh karena interferensi air laut.

"Padi adalah tanaman pangan yang sangat penting yang dikonsumsi oleh lebih dari setengah populasi dunia setiap hari," kata Caine.

"Memastikan padi dapat bertahan dalam kondisi yang lebih keras akibat perubahan iklim akan menjadi bagian integral dari memberi makan populasi yang terus tumbuh dan diproyeksikan mencapai 10 miliar dalam 60 tahun ke depan."

Ilustrasi sekam padi

• Inhabitat

Studi yang dipublikasikan di New Phytologist ini melanjutkan penelitian sebelumnya oleh para ilmuwan yang telah menunjukkan bahwa padi dengan kerapatan stomata yang rendah mengonsumsi lebih sedikit air dan semakin tahan kekeringan, bahkan pada suhu tinggi.

Kali ini, mereka menemukan bahwa padi kurang rentan terhadap toksisitas salinitas yang kemungkinan besar karena mengakumulasi garam pada tingkat yang jauh lebih rendah. Langkah berikutnya adalah melihat apakah para ilmuwan dapat membuat spesies padi kerdil yang lebih tahan panas.