Kalkulator AI Bisa Memprediksi Kematian Manusia

Kalkulator.
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor

VIVA Tekno – Meskipun kebanyakan orang tidak terburu-buru untuk mengetahui kapan mereka akan mati, kalkulator AI yang baru dikembangkan sekarang dapat meramalkan kapan seseorang akan mati dengan akurasi yang sangat tepat.

7 Rahasia Google

"Kami menggunakan teknologi di balik ChatGPT (sesuatu yang disebut model transformator) untuk menganalisis kehidupan manusia dengan merepresentasikan setiap orang sebagai urutan peristiwa yang terjadi dalam hidup mereka," kata Sune Lehmann, penulis utama studi Desember 2023 "Menggunakan urutan peristiwa kehidupan untuk memprediksi kehidupan manusia," kepada The Post.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Kalkulator AI Bisa Memprediksi Kematian Manusia

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari NY Post, Kamis, 21 Desember 2023, dalam laporan tersebut, profesor jaringan dan sistem kompleks dari Technical University of Denmark, dan rekan penulis memperkenalkan algoritme yang dikenal sebagai "life2vec," yang menggunakan rincian tertentu dari kehidupan seseorang - termasuk pendapatan, profesi, tempat tinggal, dan riwayat kesehatan untuk menentukan harapan hidup dengan tingkat akurasi 78%.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

"Kami menggunakan fakta bahwa dalam arti tertentu, kehidupan manusia memiliki kemiripan dengan bahasa," jelas Lehmann. "Sama seperti kata-kata yang saling mengikuti dalam kalimat, peristiwa-peristiwa saling mengikuti dalam kehidupan manusia,"

Sedikit berbeda dengan ChatGPT - bot yang selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan para ahli teknologi untuk membantu mendapatkan pekerjaan impian atau bahkan memilihkan pakaian yang sempurna - life2vec dapat menghitung hasil hidup seorang pria atau wanita dengan memeriksa masa lalu mereka.

"Model ini dapat memprediksi hampir semua hal," kata Lehmann kepada The Post, yang mencatat bahwa tim risetnya juga menggunakan program khusus ini untuk meramalkan kepribadian dan keputusan seseorang dalam melakukan perpindahan internasional.

"Kami memprediksi kematian karena ini adalah sesuatu yang telah dikerjakan orang selama bertahun-tahun (misalnya, perusahaan asuransi)," tambahnya, "jadi kami memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang mungkin terjadi."

Pasukan Lehmann meneliti populasi subjek yang heterogen yang terdiri dari 6 juta orang Denmark, yang bervariasi dalam hal jenis kelamin dan usia, antara tahun 2008 dan 2020. Para analis menggunakan life2vec untuk menemukan subjek mana yang kemungkinan besar akan hidup setidaknya empat tahun setelah 1 Januari 2016. 

"Skala dataset kami memungkinkan kami untuk membangun representasi tingkat urutan lintasan kehidupan manusia, yang merinci bagaimana setiap orang bergerak dari waktu ke waktu," demikian bunyi laporan tersebut. "Kami dapat mengamati bagaimana kehidupan individu berevolusi dalam ruang dengan beragam jenis peristiwa (informasi tentang serangan jantung bercampur dengan kenaikan gaji atau informasi tentang pindah dari daerah perkotaan ke pedesaan)."

Para peneliti memberikan informasi spesifik AI pada setiap peserta penelitian, menggunakan bahasa sederhana seperti: "Pada bulan September 2012, Francisco menerima 20.000 kroner Denmark sebagai penjaga di sebuah kastil di Elsinore" atau "Selama tahun ketiganya di sekolah asrama menengah, Hermione mengikuti lima kelas pilihan."

Kalkulator AI Bisa Memprediksi Kematian Manusia

Photo :
  • Istimewa

Mereka kemudian memberikan token digital yang berbeda untuk setiap bagian data, yang semuanya dikategorikan secara spesifik. Misalnya, patah tulang lengan bawah diwakili sebagai S52; bekerja di toko tembakau diberi kode IND4726, pendapatan diwakili oleh 100 token digital yang berbeda; dan "pendarahan pasca melahirkan" adalah O72.

Dengan menggunakan informasi yang diberikan, life2vec hampir secara sempurna memprediksi siapa yang akan meninggal pada tahun 2020 lebih dari tiga perempat waktu.

Menurut penelitian, beberapa faktor yang dapat berkontribusi pada kematian lebih awal termasuk menjadi laki-laki, memiliki diagnosis kesehatan mental, atau memiliki profesi yang terampil. Penghasilan yang lebih tinggi atau berada dalam peran kepemimpinan juga dikaitkan dengan umur yang lebih panjang.

Namun, Lehmann menekankan kepada The Post bahwa tidak ada peserta studi yang diberi prediksi kematian mereka.

"Itu akan sangat tidak bertanggung jawab," katanya, seraya menambahkan bahwa ia dan timnya berharap pada akhirnya dapat membagikan lebih banyak rincian hasil penelitian mereka dengan cara yang melindungi privasi mereka yang terlibat dalam penelitian ini.

"Namun kita masih bisa belajar dari [life2vec] apa saja faktor-faktor yang mungkin membantu Anda hidup lebih lama," kata Lehmann. "Kami belum mendalami hal ini, tetapi itu adalah aplikasi penting lainnya dari model ini."

Bot saat ini tidak tersedia untuk masyarakat umum atau perusahaan. Dan setelah diluncurkan secara massal - jika memang terbuka untuk penggunaan umum - peneliti mengatakan bahwa AI kemungkinan tidak akan digunakan untuk memberi tahu individu tertentu dalam kasus-kasus seperti menulis polis asuransi atau membuat keputusan perekrutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya