Banjir Besar dan Gelombang Panas Bakal Terjadi di 2024

El Nino.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Para Ilmuwan mengungkap bahwa efek siklus El Nino yang membantu membuat dunia berada di jalur rekor panas tahun ini dan terus memperburuk dan mengganggu pola cuaca akan terus berlanjut hingga 2024.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dilansir VIVA Tekno dari Financial Times, Rabu, 3 Januari 2023, efek pemanasan yang terjadi secara alami di Samudra Pasifik ini dapat menyebabkan suhu global meningkat dalam jangka pendek dan mendatangkan malapetaka pada hasil panen di beberapa bagian dunia.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ilustrasi El Nino

Photo :
  • NASA

Perusahaan-perusahaan di berbagai sektor, termasuk makanan dan transportasi, telah memperingatkan tentang gangguan pada komoditas dan rantai pasokan, serta risiko asuransi yang lebih tinggi.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Di Brasil, di mana saat ini masih musim semi, Institut Meteorologi Nasional mengeluarkan peringatan merah untuk suhu panas dalam seminggu terakhir di beberapa wilayah.

Rio de Janeiro mengalami hari terpanas sepanjang tahun ini, mencapai 41 , yang tercatat di stasiun Marambaia di zona barat Rio.

Fenomena El Nino diperkirakan akan berlangsung hingga setidaknya April mendatang, demikian menurut Organisasi Meteorologi Dunia. Dengan tahun ini yang telah ditetapkan sebagai "rekor terpanas", tahun 2024 mungkin akan menjadi "lebih hangat daripada tahun 2023", kata sekretaris jenderal WMO, Petteri Taalas.

El Nino biasanya dikaitkan dengan suhu atmosfer yang lebih tinggi, terutama pada tahun setelahnya, tetapi Taalas mencatat bahwa efek perangkap panas dari gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia bertanggung jawab atas rekor panas yang tercatat sejauh ini.

El Nino juga dikaitkan dengan kondisi yang lebih basah di beberapa bagian dunia. WMO memperkirakan akan ada lebih banyak hujan dalam tiga bulan ke depan di beberapa bagian Tanduk Afrika, Amerika Selatan, dan Asia tengah dan timur.

El Nino

Photo :
  • Istimewa

"Kejadian-kejadian ekstrem seperti gelombang panas, kekeringan, kebakaran hutan, hujan lebat dan banjir akan meningkat di beberapa wilayah, dengan dampak yang besar," kata Taalas.

Di Somalia, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB menyalahkan El Nino sebagai penyebab banjir terburuk yang pernah dialami negara tersebut dalam satu abad terakhir dan mengatakan bahwa mereka telah memberikan bantuan kepada 680.000 orang.

Jumlah korban tewas akibat "banjir El Nino" mencapai 50 orang, Badan Penanggulangan Bencana Somalia mengatakan di platform media sosial X pada hari Kamis.

Di Dubai, kota tuan rumah untuk pertemuan iklim PBB yang akan datang, banjir pada akhir pekan lalu menyebabkan peringatan keamanan dari polisi, pembatalan penerbangan dan penangguhan sekolah.

Dalam beberapa hari terakhir, wilayah di seluruh belahan bumi selatan, dari Kenya hingga Republik Dominika, mengalami genangan air akibat curah hujan yang tinggi yang menyebabkan bahaya dan gangguan yang meluas.

Episode El Nino tahun ini sejauh ini tidak sekuat episode El Nino sebelumnya pada tahun 1997 dan 2015 hingga 2016, namun masih digambarkan sebagai "kuat" oleh WMO.

Perbedaan antara suhu permukaan laut bulanan di bagian Pasifik yang terkena dampak dan rata-rata jangka panjang meningkat menjadi 1,5C pada bulan September, dibandingkan dengan 0,5C di atas rata-rata pada bulan Mei, kata WMO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya