5 Tanda Kamu Perlu Istirahat dari Media Sosial, Nomor Terakhir Dianggap Lumrah

Pria bermain ponsel (ilustrasi).
Sumber :

VIVA Tekno – Media sosial memang berhasil mengubah gaya hidup serta pola hidup seseorang. Dari pagi hari kita dibuat untuk membuka media sosial demi mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Bagaimana tidak, sejak Anda bangun di pagi hari dengan perasaan yang masih penuh energi positif, bahagia, dan puas. Tiba-tiba Anda langsung mengambil ponsel kesayangan hanya untuk membuka media sosial.

Benar begitu bukan? Di mana saat Anda membuka media sosial berbagai informasi yang tadinya tidak dibutuhkan tak sengaja kita lihat.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Seperti salah satu teman yang memposting gambar usai melakukan perjalanan liburan, kemudian adik yang baru saja memposting foto tubuhnya sebelum dan sesudah melakukan perawatan, dan masih banyak hal lainnya.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Ini adalah bagian dari kecanduan media sosial yang harus Anda hentikan. Ketahui hasil dari scrolling terus menerus, itu sebenarnya sudah bisa dibilang menjadi tanda-tanda Anda perlu istirahat dari media sosial.

Pengaruh Kecanduan Media Sosial pada Kesehatan

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara terus-menerus dapat membuat Anda tenggelam dalam kumpulan emosi yang campur aduk, mulai dari kemarahan, frustrasi, hingga ketidakpuasan. 

Kita semua gagal menyadari bahwa apa yang kita lihat di media sosial hanyalah sebagian kecil dari kenyataan. Meski begitu, kita menyerah pada perbandingan dan perasaan iri atau tidak aman. 

Gambaran bahagia dalam hidup setiap orang bisa memicu rasa tidak aman, sehingga membuat kita merasa sedih. Dalam kehidupan normal, jika kita belajar untuk mencapai keseimbangan, media sosial adalah cara ideal untuk tetap terhubung dengan orang-orang dan mengikuti tren. Tapi, waspadai beberapa tanda kelelahan dan segera istirahat dari media sosial demi kewarasan Anda.

Tanda-tanda Harus Istirahat dari Media Sosial

Meskipun media sosial memiliki banyak manfaat yang membuat kita tetap terhubung dengan orang-orang tersayang yang tinggal di tempat jauh dan jarang kita temui. Namun, sayangnya, orang-orang hanya memposting hal-hal baik yang terjadi dalam hidup mereka dan penggunaan media sosial yang terus-menerus dapat menyebabkan kecemasan, depresi, atau rendahnya harga diri.

“Mengingat kehadiran gadget di sekitar kita, kini menjadi lebih refleksif bagi seseorang untuk menggunakan ponsel pintar dan mulai melakukan scrolling tanpa berpikir panjang. Duduk diam bukan lagi hal yang penting. Anda sebagian besar akan menemukan orang-orang melihat ke bawah layar mereka membaca, mencari, menjelajah, mendengarkan, terhubung, atau lebih banyak lagi melalui berbagai platform media sosial.

Ilustrasi anak remaja main gadget

Photo :
  • Pexels

Penggunaan apa pun secara berlebihan itu berbahaya, dan hal ini juga berlaku untuk media sosial. Kita berbicara tentang kesehatan dari banyak sudut pandang, kita juga harus secara sadar memasukkan pemutusan hubungan dari ponsel pintar sebagai bagian dari kesejahteraan kita,” kata Mimansa Singh Talwar.

Keterlibatan terus-menerus di media sosial dapat memberikan pengaruh negatif pada Anda dalam banyak hal, dan beberapa tanda bahwa Anda perlu istirahat dari media sosial adalah:

1. Perbandingan terus-menerus

Saat Anda berada di ruang di mana Anda tidak lagi menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan, melainkan terjebak dalam lingkaran perbandingan terus-menerus, maka Anda harus berhenti sejenak, dan keluar dari media sosial untuk sementara waktu.

“Ketika Anda semakin membandingkan diri Anda dengan apa yang Anda lihat di media sosial, Anda merasa tidak puas dengan diri sendiri atau hidup Anda,” kata sang pakar.

2. Terus-menerus memeriksa tingkat keterlibatan

“Ketika Anda memiliki keinginan terus-menerus untuk membuka postingan Anda untuk melihat tingkat keterlibatan, dan keterlibatan yang negatif atau kurang akan menyebabkan suasana hati yang tidak menyenangkan,” kata sang pakar.

Beberapa orang memvalidasi dirinya berdasarkan jumlah suka, berbagi, atau pengikut di media sosial. Lebih banyak keterlibatan mengarah pada lebih banyak penerimaan diri dan sebaliknya. Ini adalah pola yang tidak sehat, karena beberapa suka tidak dapat menentukan siapa Anda. Inilah saatnya Anda rehat sejenak dari media sosial.

3. Takut ketinggalan (FOMO)

Dengan banyaknya informasi yang berantakan dan berlebihan melalui platform media sosial, semakin mudah untuk menjadi korban FOMO. Media sosial telah merancang kita untuk merasa bahwa kebahagiaan adalah melakukan sesuatu yang lain, berada di tempat lain untuk merasa lebih puas, membuat kita tidak bahagia dengan situasi kita saat ini. Dengan terus-menerus memahami apa yang dimiliki orang lain, kita gagal menyadari betapa berharganya momen berharga ini.

4. Saat setiap aspek kehidupan Anda mulai terpengaruh

“Beristirahat itu penting ketika Anda mulai terlalu sibuk dan mudah terganggu oleh media sosial sehingga hal itu mulai berdampak pada Anda, hubungan Anda, atau pekerjaan Anda. Ketika media sosial lebih diprioritaskan daripada hal lain, lakukan detoksifikasi digital,” kata sang pakar.

5. Sering Kali Menggulir Media Sosial

Menelusuri media sosial menjadi kebiasaan buruk sehingga Anda sering memeriksa ponsel tanpa menyadarinya. Bahkan di waktu istirahat kecil, Anda merasakan dorongan terus-menerus untuk membukanya tanpa berpikir panjang. Saat itulah Anda perlu menghentikan kebiasaan ini dengan mengatakan tidak pada media sosial untuk sementara waktu.

Waspadai tanda-tanda ini dan jangan biarkan media sosial memengaruhi kesehatan mental Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya