Makhluk Ini Tak Terkejut Dengar Suara Sangkakala

Ilustrasi sangkakala.
Sumber :
  • http://www.evogood.com/

Jakarta – Ternyata ada makhluk Allah tidak terkejut oleh suara yang sangat keras dan menghancurkan alam semesta yang dihasilkan oleh tiupan sangkakala Malaikat Israfil.

Kapan Bumi Kiamat?

Dengan izin Allah SWT, mereka sama sekali tidak merasa terkejut ketika mendengar suara sangkakala kiamat yang begitu menggelegar. Sebagian besar makhluk ciptaan Allah biasanya akan terkejut mendengar kekuatan suara yang dahsyat dari sangkakala.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Ilustrasi Bumi.

Photo :
  • Pixabay

Dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa semua penghuni langit dan bumi akan terkejut mendengat tipuan sangkaka ini, kecuali mereka yang dikehendaki oleh Allah SWT. Firman Allah:

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

"(Ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup sehingga terkejutlah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi, kecuali yang Allah kehendaki. Semuanya datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS An-Naml: 87).

Lantas siapakah yang dikehendaki oleh Allah SWT sehingga tidak terkejut mendengar suara sangkakala itu?

Tafsir Kementerian Agama dalam menafsirkan surah An-Naml ayat 87 ini menerangkan bahwa mereka yang tidak terkejut dengan bunyi sangkakala adalah malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan orang-orang yang beriman.

Selanjutnya Tafsir ini juga menerangkan gambaran peristiwa secara khusus pada ayat ini yakni mereka datang berbondong-bondong menghadap Allah SWT dengan merendahkan diri.

Tiupan sangkakala itu terjadi dua kali, tiupan pertama menyebabkan matinya semua makhluk selain mereka yang dikecualikan. Kemudian tiupan kedua, mereka semuanya akan dibangkitkan dari kubur mereka masing-masing, sebagaimana dalam firman-Nya:

"Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS Az-Zumar :68)

Ilustrasi sangkakala

Photo :
  • http://www.evogood.com/

Tiupan yang kedua ini artinya tiupan kebangkitan, seperti dalam firman-Nya:

"Lalu ditiuplah sangkakala, maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya." (QS Yasin: 51)

Peristiwa ini disebutkan pula dalam firman Allah: "(Yaitu) pada hari ketika mereka keluar dari kubur dengan cepat seakan-akan mereka pergi dengan segera kepada berhala-berhala (sewaktu di dunia), pandangan mereka tertunduk ke bawah diliputi kehinaan. Itulah hari yang diancamkan kepada mereka." (QS Al-Ma‘'arij: 43-44)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya