Geger 5 Negara di Afrika Alami Hujan Salju

Ilustrasi musim dingin atau salju.
Sumber :
  • pexels/unsplash

Jakarta – Afrika bukanlah tempat pertama yang muncul di benak kita saat memikirkan daerah salju. Kehangatan, sinar matahari, dan padang sabana malah yang akan terbesit di dalam pikirkan.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Namun, jika kita melihat lebih dekat di luar stereotip tersebut, kita akan menemukan sisi mengejutkan dari Afrika - di mana salju muncul secara tak terduga, menambahkan sentuhan unik pada alamnya yang beraneka ragam. Menariknya, fenomena ini tidak terkait dengan efek perubahan iklim.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Ilustrasi boneka salju

Photo :
  • Twitter

Lanskap dan ketinggian yang beragam di beberapa negara Afrika menciptakan kondisi yang unik untuk mengalami fenomena langka ini. Dari puncak tinggi Ethiopia hingga pegunungan Afrika Selatan dan sekitarnya, salju yang sesekali turun menambah sentuhan keajaiban musim dingin pada lanskap Afrika. Berikut deretan negara di Afrika yang mengalami hujan salju:

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

1. Lesotho

Lesotho, negara yang terkurung daratan yang terletak di bagian selatan Afrika, sesekali mengalami hujan salju, terutama selama musim dingin. Lesotho merupakan satu-satunya negara di dunia yang setiap jengkal wilayahnya berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Dataran tinggi di negara ini berkontribusi pada kerentanannya terhadap hujan salju. Bulan-bulan musim dingin, dari Juni hingga Agustus, adalah saat Lesotho lebih sering mengalami hujan salju.

2. Maroko

Maroko, negara yang terkenal dengan bentang alamnya yang beragam, mengalami hujan salju di daerah-daerah tertentu, menciptakan kontras yang indah dengan iklim gersangnya yang biasa.

Pegunungan Atlas, khususnya pegunungan Atlas Tinggi dan Atlas Tengah, adalah daerah utama di mana hujan salju merupakan kejadian musiman. Kota Ifrane, yang sering disebut sebagai "Swiss Kecil", terkenal dengan arsitekturnya yang mirip Alpen dan merupakan tujuan populer selama musim salju.

3. Afrika Selatan

Ilustrasi wanita bermain salju.

Photo :
  • Pexels

Meskipun Afrika Selatan dikenal dengan iklimnya yang sebagian besar hangat dan beriklim sedang, daerah-daerah tertentu, terutama pada bulan-bulan musim dingin, dapat mengalami hujan salju.

Beberapa bagian dari provinsi Gauteng di Johannesburg, Pegunungan Drakensberg, Dataran Tinggi Eastern Cape, dan beberapa bagian dari Western Cape merupakan beberapa daerah yang paling mungkin mengalami salju.

4. Aljazair

Hujan salju di Aljazair merupakan peristiwa meteorologi yang luar biasa dan jarang terjadi, mengingat iklim negara ini yang sebagian besar gersang dan gurun.

Tell Atlas, dengan dataran yang lebih tinggi, sesekali mengalami hujan salju selama musim dingin. Terjadinya salju biasanya terbatas pada daerah dan ketinggian tertentu, terutama di daerah pegunungan utara seperti Pegunungan Kabylie dan Aurès.

5. Ethiopia

Ilustrasi musim dingin atau salju

Photo :
  • pexels/unsplash

Di Ethiopia, sebuah negara yang terkenal dengan beragam medan dan kondisi iklimnya, hujan salju yang turun secara berselang-seling terjadi di daerah pegunungan tertentu.

Pegunungan Simien, yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, merupakan salah satu wilayah yang memiliki ketinggian yang menjulang hingga melebihi 4.500 meter (14.764 kaki) di atas permukaan laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya