Opera Anggap Android Sebagai Platform Penting

Opera untuk Tablet Android
Sumber :
  • Opera

VIVAnews - Di ranah mobile, Opera menganggap penting platform Android sebagai platform yang cukup popular. Menurut Phillip Grønvold, Product Manager Opera Software, Android merupakan platform mobile di mana beberapa browser berkompetisi. 

10 Game Sepakbola Offline

Di platform ini, pengguna memiliki empat pilihan browser. Di sana ada Opera Mini, Firefox 4 yang baru saja diluncurkan, Skyfire, serta Dolphin HD. "Kondisi ini hanya bisa kita jumpai pada komputer desktop," ujar Grønvold pada acara temu media di Grand Indonesia, Kamis, 31 Maret 2011.

Namun, kata Grønvold, Opera merasa tak khawatir dengan kemunculan Firefox 4. Kemunculan Firefox menurutnya bakal mengembangkan pengalaman web yang lebih baik di platform mobile. 

4 Sistem Operasi Ponsel Penantang Android dan iOS

Lagipula, Grønvold mengklaim, di platform Android Opera Mini 6 memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Pasalnya, Firefox 4 hanya menyediakan set instruksi yang digunakan oleh perangkat-perangkat dengan prosesor berarsitektur ARMv7, sementara Opera Mini menyediakan set instruksi yang digunakan oleh prosesor berarsitektur ARMv5 dan ARMv7.

Dengan kata lain, Grønvold menjelaskan, Firefox 4 diperuntukkan bagi ponsel-ponsel dengan prosesor yang berkekuatan tinggi, atau masuk dalam kategori smartphone ataupun tablet. Sementara Opera Mini 6 bisa berjalan pada perangkat-perangkat Android murah, bahkan yang masih menggunakan versi Android 1.5. 

India Siap Bikin Sistem Operasi untuk Saingi Android dan iOS

Selain itu, Grønvold menjelaskan, walaupun orang-orang kini sudah jarang membahas ponsel-ponsel lawas - seperti Nokia model lama yang masih menggunakan Symbian 40, Sony Ericsson, atau bahkan ponsel China, tapi jumlah ponsel-ponsel ini masih sangat besar, yaitu lebih dari 2 miliar pengguna.

"Oleh karenanya kami tidak bisa mengabaikan para pengguna ponsel-ponsel lama ini," kata Grønvold. Ini sejalan dengan visi Opera yang ingin menghadirkan pengalaman web di setiap perangkat yang ada.

Sepanjang platform tersebut membuka diri, kata dia, Opera akan berupaya menyediakannya. "Sampai-sampai kami pun menyediakan browser untuk Maemo (platform mobile Nokia yang kurang populer - red)."

Pengembangan Opera di berbagai platform, kata Grønvold didukung dengan sumber daya manusia di Opera yang mayoritasnya memiliki kemampuan dan berlatar belakang insinyur. "Dari sekitar 700 karyawan Opera, sekitar 77 persen di antaranya adalah engineer."

Dalam kesempatan itu, Grønvold juga mengungkapkan bahwa hingga kini ada sekitar 200 juta orang yang menggunakan browser Opera di berbagai platform. Pengguna Opera Mini merupakan porsi terbesar dengan sekitar 90 juta orang pengguna. 

Sementara pengguna Opera browser untuk desktop mencapai sekitar 60 juta orang, pengguna Opera Mobile. Sisanya adalah pengguna browser Opera dari perangkat elektronik rumah tangga seperti TV, set top box, Nintendo Wii, Nintendo DS dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya