2012, Maskapai Sediakan Wifi di Penerbangan

Berinternet di Pesawat
Sumber :
  • ausbt.com.au

VIVAnews - Banyak penumpang pesawat yang mencari cara melewatkan waktu saat terbang melintas antar negara, baik dengan membaca atau menonton film. Tapi, kini, di pesawat milik United Continental, terdapat rencana mengaktifkan Wifi, sehingga penumpang bisa menghabiskan waktu terbang dengan berinternet.

Pemegang saham United Continental mengumumkan sebuah kemitraan dengan perusahaan Avionik Panasonic untuk memberikan akses Wifi kepada penumpang selama penerbangan. Layanan ini terdapat di lebih dari 300 penerbangan.

Hal itu akan dimulai pada pertengahan 2012. Pada akhir 2015, seluruh armada pesawat akan dilengkapi dengan teknologi satelit berbasis Wifi.

Teknologi tersebut yaitu Panasonic Ku, sebuah teknologi satelit yang menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan koneksi dari daratan, dengan layanan Gogo Inflight Internet. Beberapa perusahaan yang menggunakan layanan Gogo ini yakni US Airways, American Airlines, Delta, AirTrans, dan Virgin America.

Dengan kecepatan tinggi, United Continental merencanakan wireless streaming dari konten video. Sementara itu, maskapai penerbangan dapat mengarahkan penumpang untuk menonton pilihan hiburan selama penerbangan dengan koneksi Wifi, seperti melalui layanan streaming Netflix atau Hulu Plus dalam sebuah tablet, smartphone atau laptop komputer.

Sistem Panasonic akan diinstal dalam Boeing 747, 757, 767, 777, dan 787 layaknya pesawat Airbus 319 dan 320. Pengumuman ini sementara hanya di seluruh armada penerbangan di dua perusahaan.

Continental Airlines sebelumnya mengumumkan bahwa pada awal Januari 2012, 200 pesawatnya saat ini dilengkapi degan akses TV langsung dengan upgrade Wifi.

Pemegang saham United Continental belum memberikan informasi harga layanan Wifi tersebut. Biaya layanan Wifi dalam penerbangan biasanya sekitar US$10 sampai US$50 untuk akses laptop, dan US$5 sampai US$20 untuk akses dalam smartphone.

JetBlue merupakan salah satu maskapai yang menawarkan gratis akses Wifi, yang terbatas untuk instant messaging, email, dan browsing website.
Sedangkan Southwest tidak memberikan akses internet penuh dalam penerbangan, hanya Wifi pesawat boleh untuk koneksi portal games, belanja dan alat status penerbangan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Merupakan sebuah kejutan saat banyak maskapai tidak memberikan layanan Wifi gratis untuk menarik banyak penumpang dan mengisi kursi yang kosong. (Sumber: Digital Trends)

Gedung Kejaksaan Agung

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Koordinator TPDI (Tim Pembela Demokrasi Indonesia), Petrus Salestinus mengingatkan kepada Kejaksaan Agung agar tidak itu tidak menjadi bahan santapan para pejabat. Sebab,

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024