5 Hoax Terburuk di Dunia Maya

Ilustrasi/Kabar hoax
Sumber :
  • PeopleOnline

VIVANews - Tahun 2014 mengalir dengan diwarnai banyak berita hoax. Bisa dibilang, ini merupakan tahun meningkatnya berita-berita hoax yang diangkat oleh media.

Sosial media dianggap cukup bertanggung jawab dalam penyebaran berita hoax. Namun dari situ pula konfirmasi pemberitaan dilakukan. Tidak sedikit dari mereka yang hanya sekedar mencari popularitas.

Tahun ini, Washington Post membuat 15 isu hoax yang viral di dunia maya. Dilansir dalam laman tersebut, Kamis 25 Desember 2014, kemungkinan besar tahun depan akan semakin banyak hoax bertebaran. Ini dilakukan oleh para pencari perhatian yang bertujuan mencari popularitas.

Kami sediakan 5 hoax viral terburuk yang pernah ada di 2014, berdasarkan data dari Washington Post.

1. Gadis dengan tiga payudara

Jasmine Tridevil

September lalu, seorang wanita bernama Alisha Hessler menarik perhatian para pengguna internet. Wanita dengan nama panggung Jasmine Tridevil itu mengklaim telah melakukan implan payudara sehingga jumlahnya ada tiga. Namun ternyata, payudara itu hanyalah tempelan. Dia mendapatkan keinginannya untuk menjadi orang terkenal. Sekarang, Alisha telah menyelesaikan rekaman single-nya berikut sebuah video musik.

2. Gambar telanjang Emma Watson

Emma Watson

Forum berbagai file, 4chan juga dianggap bertanggung jawab atas banyaknya kasus hoax yang menyebar di dunia maya. Salah satu yang paling tidak terbukti adalah foto telanjang pemeran Hermione Granger dalam Harry Potter, Emma Watson. Ancaman hacker untuk menyebar foto bugil Watson tak pernah terbukti. Ternyata ini hanyalah viral marketing untuk menaikkan pamor Watson yang menjadi duta besar PBB.

3. Justin Bieber menyelamatkan orang Rusia dari serangan beruang.

Rambut Spike Justin Bieber

Pada Agustus lalu, lusinan media memberitakan dongeng dari Rusia yang melibatkan penyanyi Justin Bieber. Suatu ketika, seorang warga Rusia mendapatkan ancaman dari seorang beruang. Namun binatang besar itu langsung kabur saat mendengar ringtone yang muncul dari ponsel pria itu. Ringtone itu bernada salah satu lagu Bieber.

Hati-hati, Diare Terus-menerus pada Balita Bisa Sebabkan Stunting

Meski cerita penyerangan beruang itu benar namun tidak dengan keterlibatan 'Bieber'. Sebuah situs berita Austria terlibat dalam hoax ini. Mereka menambahkan nama Bieber dalam pemberitaan tersebut yang kemudian dikutip oleh banyak media di dunia.

4. Mesin ajaib pengubah air menjadi Anggur

Wine

Beberapa bulan lalu, tersiar berita mengenai mesin canggih yang dapat mengubah air menjadi anggur. Mesin itu dibuat oleh dua perusahaan pengolah Anggur dan bernama Miracle Machine. Sayangnya, banyak orang harus kecewa. Hal ini karena pemberitaan itu hanyalah publikasi yang dilebih-lebihkan. Sejatinya, itu merupakan proyek dua perusahaan anggur itu untuk program sosial. Mereka menjual anggur yang sebagian keuntungannya akan didonasikan untuk proyek air bersih di Haiti, Ethiopia dan enam negara miskin lainnya.

5. Jejaring sosial untuk orang mabuk

Aplikasi

Aplikasi pendeteksi bau alkohol untuk iPhone sempat menarik perhatian pengguna internet. Aplikasi bernama Livr itu juga menyediakan jejaring sosial untuk orang-orang mabuk. Namun kedua 'penemunya', Brandon Schmittling dan Brandon Bloch mengatakan hal itu tidak benar. Mereka mengakui aplikasi itu tidak pernah ada.

Mobil listrik Seres E1 di PEVS 2024

Seres Hadirkan Mobil Listrik Mungil di PEVS 2024, Harga Rp180 Jutaan

PT Sokonindo Automobile kembali ikut pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, dengan membawa mobil listrik Seres E1 andalannya dan juga mobil DFSK Gelora E.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024