Ini Tiga Strategi Facebook Kuasai Dunia

Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith/Files
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Facebook telah menetapkan ambisi besarnya untuk menguasai pasar dunia. Setidaknya ada tiga langkah yang akan diusung Mark Zuckerberg cs untuk mencapai impian tersebut.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Diketahui, saat ini pengguna aktif di Facebook hampir mencapai 1,5 miliar di seluruh dunia. Angka tersebut jauh meninggalkan aplikasi WeChat dengan 900 juta pengguna, WhatsApp 700 juta pengguna, dan aplikasi berbagi foto, Instagram dengan 300 juta pengguna.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook


Jumlah 1,5 miliar pengguna di mata Facebook itu hanya awal dari ambisi untuk menguasai dunia. Dalam lima tahun ke depan akan ada tambahan tiga miliar orang yang tersentuh Facebook secara digital. Pengguna tersebut berasal dari pasar berkembang, seperti India dan Afrika.


Untuk itu, media sosial terpopuler tersebut melakukan tiga langkah strategis. Berikut, tiga program Facebook untuk mengambil alih pasar dunia, dilansir dari Business Insider, Senin, 2 November 2015:


1. Menyebarkan Pengguna Facebook dimana-mana


Meski saat ini pengguna media sosial itu didominasi warga Amerika Serikat, Facebook masih belum menyentuh daerah yang memiliki koneksi internet pas-pasan. Target tiga miliar 'teman' baru Facebook berasal dari pengguna mobile yang menggunakan jaringan 2G.


Ini juga salah satu upaya Facebook mengeluarkan kebijakan baru agar karyawannya merasakan internet 2G. Program merasakan jaringan 2G ini bernama '2G Tuesdays'.


"Apa yang kita lakukan adalah membangun empati dalam perusahaan. Kami harus bisa benar-benar menghargai bahwa tidak semua orang yang menggunakan (Facebook) seperti kami," ujar Kepala Produk Facebook, Chris Cox.


2. Memastikan Semua Pengguna Menghasilkan Uang


Media sosial yang diluncurkan Februari 2004 ini, tengah memikirkan agar semua pengguna yang berada di negara berkembang dapat menghasilkan uang melalui platformnya. Itu sebabnya, Facebook berupaya menemukan cara untuk menyesuaikan iklan di mobile dan koneksi lemot sejak 2013.


Diketahui, sementara ini hampir 60 persen pengguna aktif harian yang tinggal di luar Amerika Utara dan Eropa. Mereka hanya mencapai sekitar seperempat dari total pendapatan Facebook.


Dorongan monetisasi Facebook bagi pengguna di pasar negara berkembang terus dilakukan, seperti meluncurkan program Creative Accelerator, membuka kantor di Johannesburg, Afrika selatan, dan menyesuaikan produk iklan jadi lebih baik.


3. Penyebaran Internet


Untuk meraup pasar dunia, tentunya harus berdasarkan koneksi internet yang merata. Facebook pun melihat bahwa internet menjadi jalan untuk mencapai ambisinya itu.


Agar orang-orang memasuki dunia digital, khususnya jadi pengguna Facebook, perusahaan itu sudah mengandalkan pemerintah dan perusahaan lokal. Facebook juga telah melakukan investasi melalui internet.org, sebuah program yang dapat mengakses Facebook dan layanan internet lainnya dengan gratis.


"Kami ingin meraih semua orang di setiap tingkat konektivitas. Tentang bagaimana dan kapan mereka ingin berhubungan (di internet)," ungkap Direktur Monetisasi Pasar Berkembang, Nikila Srinvisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya