China Blokir Akun yang Sebut Kim Jong-Un 'Si Gendut Ketiga'

Kim Jong-un bersama Militer Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – China dikabarkan telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah akun yang mengolok-olok pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Dunia maya di China memang saat ini sedang marak menyebut Kim Jong-un sebagai 'Si Gendut Ketiga'.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Dilansir melalui IBTimes UK, Kamis, 17 November 2016, pemblokiran ini dilakukan dengan menyensor kalimat 'Kim Fatty The Third'. Kabarnya, aksi yang dilakukan pemerintah China ini merupakan permintaan khusus dari Pyongyang. 

Kim Fatty The Third merupakan julukan baru yang mengolok pemimpin Korea Utara itu. Kim Jong-un memang berbadan tambun dan merupakan generasi ketiga dari dinasti Kim yang telah menguasai Korea sejak 1948.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Julukan yang terkesan meremehkan itu rupanya cukup marak di kalangan anak muda China. Sebutan itu dilontarkan sebagai wujud dari kritik atas perilaku otokratis Kim di perbatasan Selatan Korea Utara.

Saking banyaknya netizen China yang menggunakan istilah itu, mesin pencarian Baidu pun kerap mengeluarkan rekomendasi hasil pencarian dengan julukan itu. Namun pekan ini istilah itu sulit ditemukan di dunia maya. Baik istilah Jin San Pang (Kim Fat III) maupun Kim Fat Fat Fat.

Laporan PBB: Program Rudal Nuklir Korut Didanai dari Pencurian Kripto

"Pemerintah China berkomitmen untuk membangun lingkungan opini yang sehat dan beradab. Kami tidak menolerir negara atau siapapun yang melakukan penghinaan dan pelecehan," ujar Menteri Luar Negeri China Geng Shuang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju,

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Ada beberapa aturan aneh yang wajib dituruti oleh Ibu Negara Korea Utara, Ri Sol Ju. Tidak seperti istri dari pemimpin negara pada umumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022