Marlene Dietrich, Artis Pembangkang Nazi Hiasi Google Doodle

Maria Magdalene Dietrich
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA – Wajah seorang wanita berbaju biru dan dihiasi layar biru di belakangnya, menghiasi ikon Google Search (Google Doodle) hari ini. Dia adalah Marlene Dietrich, seorang warga Jerman yang menjadi artis dan penyanyi sukses di Hollywood di awal era perang dunia kedua.

Knowing Aminah Cendrakasih: Indonesian Artist Appears on Google Doodle

Jika masih hidup, wanita yang dinobatkan sebagai salah satu artis klasik Hollywood terbaik di dunia itu, akan berusia 116 tahun. Sebagai penghormatan, Google mengubah logo doodle menjadi gambar Marlene untuk mesin pencarian di 24 negara di dunia.

Nama aslinya Maria Magdalene Dietrich, yang kemudian diputuskan untuk menggabungkan dua nama pertamanya menjadi satu, Marlene. Dia kelahiran Jerman pada 1901. 

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Dia memang berbakat di dunia akting sejak kecil. Namun secara bersamaan, dia juga tumbuh dalam lingkungan konflik politik yang cukup berat. Apalagi ayahnya merupakan seorang polisi. 

Profesinya sebagai artis yang terkenal di Amerika dan sangat berpengaruh, membuat ia memiliki kesempatan untuk membantu saudara dan teman-teman Yahudi-nya yang ingin kabur dari perburuan Nazi. Dalam awal era perang dunia kedua, dia membantu banyak warga Jerman dan Prancis yang ingin mengungsi ke negara lain. Tak hanya membantu memberikan uang, dia juga memberikan kemudahan bagi para warga itu untuk mendapatkan kewarganegaraan Amerika.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Dietrich dianugerahi banyak penghargaan karena karyanya, terutama karena mau menghadapi risiko kehilangan nyawa saat tur di hadapan para pasukan tentara sekutu saat perang dunia kedua. Beberapa penghargaan penting yang didapatnya seperti US Medal of Freedom dan the French Legion d'Honneur. Dia juga dinobatkan sebagai Knight of the Order of Leopold dari kerajaan Belgia.

Marlene meninggal pada 6 Mei 1992. Jasadnya dikubur di Berlin, dekat dengan para keluarganya. Ini merupakan permintaanya saat mengetahui kalau Tembok Berlin telah diruntuhkan dan menyatukan Jerman Barat dan Timur. (mus)

Google Doodle peringati perayaan Pemilu 2024

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Hari ini, Rabu 14 Februari, Google merayakan momen penting dalam sejarah Indonesia yakni Pemilu 2024 dengan menampilkan Google Doodle khusus gambar kotak suara.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024