Cara Bersihkan Laptop Supaya Awet, Jangan Lupa Goyangan

Ilustrasi bersihkan laptop
Sumber :
  • Instagram/@d_o_b_r_y

VIVA – Membersihkan laptop punya manfaat penting bagi pengguna dan perangkat. Dari sisi pengguna, membersihkan laptop bisa mengurangi sentuhan dengan kotoran dan kuman. Sebab sudah jamak diketahui, keyboard merupakan rumah bagi sejumlah bakteri, maka dengan membersihkan laptop pengguna akan makin minim berkontak dengan bakteri. 

250 Laptop Baru akan Pakai Intel Core Generasi 12

Di sisi lain, membersihkan laptop juga akan membuat laptop bisa tambah awet, tidak cepat rusak karena bersih dan terawat. Nah berikut tips untuk membersihkan laptop dikutip dari Howstuffworks dan Pcmag, Senin 5 Maret 2018: 

1. Matikan laptop dan copor baterai

Mau Jadi SDM Berkualitas, Rajinlah Membaca

Langkah ini penting, untuk memastikan laptop tidak berada dalam kondisi nyala

2. Buka laptop

INFOGRAFIK: Kiat Mata Tetap Sehat Walau Rutin di Depan Laptop

Selanjutnya buka laptop, untuk nantinya membersihkan bagian rumah bakteri, yakni keyboard

3. Balikkan posisi laptop

Langkah ini untuk menjatuhkan kotoran yang ada di sela-sela keyboard maupun lubang lainnya. Paling tidak dengan langkah ini, remah-remah pada laptop akan jatuh. Pada tahap ini, jika perlu goyangkan keyboard dengan tangan, supaya kotoran dan remah-remah hilang.

Keyboard


4. Semprotkan udara bertekanan

Manfaatkanlah produk udara bertekanan kemasan. Semprotkan pada keyboard ya, ini akan membantu menghilangkan zat atau bahan yang susah terlepas atau lengket di sela-sela keyboard

5. Bersihkan keyboard dengan sikat kecil

Letakkan laptop di bidang yang datar dan bersihkan keyboard dengan sikat kecil

6. Gunakan cutton bud

Kapas yang biasanya untuk membersihkan kotoran di kuping ini bisa dimanfaatkan. Basahi cutton bud dengan alkohol untuk membersihkan sisi keyboard dan laptop yang dijangkau. Perhatikan, pastikan cutton bud hanya lembab saja, tidak basah kuyub ya.

7. Bersihkan layar

Bidang yang dibersihkan pada laptop tak hanya keyboard saja. Layar merupakan salah satu area yang perlu mendapat perhatian pengguna. 

Untuk bersihkan area layar ini, pakailah produk khusus yang sudah muncul di pasaran. Jangan lupa saat membersihkan layar dengan produk khusus itu dengan kain bebas serat ya, sehingga bisa mencegah goresan di layar. Nah, untuk layar sentuh, bisa membersihkan dengan pembersih air atau cairan pembersih kaca mata. Selamat mencoba ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya