Mau Power Bank Awet, Setop Lakukan 4 Hal Ini

Powerbank
Sumber :
  • Instagram/@djyes

VIVA – Power bank sudah menjadi peralatan penting yang bagi pengguna smartphone. Power bank berfungsi sebagai penyelamat saat ponsel berada pada kondisi baterai hampir habis. Saat ini sudah ada beberapa vendor yang merilis produk power bank dengan bermacam-macam kapasitas. 

Marshall Rilis 3 Speaker Wireless di Indonesia, Bisa untuk Telepon dan Jadi Powerbank

Power bank biasanya digunakan pada saat kita sedang berada di luar atau tidak di rumah. Portabel yang satu ini juga harus mendapat perawatan yang baik layaknya kita merawat ponsel. Karena digunakan setiap hari, power bank rentan rusak jika penggunanya tidak merawatnya dengan baik. 

Berikut adalah tips merawat power bank agar tetap awet dan tidak mudah rusak dikutip dari Medium dan Steemit, Selasa 22 Mei 2018: 

Sewa Powerbank Kini Tersedia di KRL hingga TransJakarta

1. Jangan pakai ponsel saat dicas

Di saat ponsel sedang dihubungkan dengan power bank, sebaiknya jangan sambil digunakan, seperti untuk bermain game atau hanya sekadar mengintip media sosial. Hal tersebut akan membuat power bank bekerja secara dobel, lalu suhunya akan naik, sehingga baterainya akan cepat rusak. Jika hal ini tidak bisa dihindari bukan hanya power bank saja yang rusak, ponsel Anda juga terancam rusak. 

Lebih Mudah, Kini Mobil Listrik Bisa Dicas Pakai Powerbank

2. Jangan over charging

Kebiasaan buruk masyarakat adalah ngecas ponsel lalu ditinggal tidur. Akibatnya power bank dan elektronik lainnya akan mudah rusak. Solusinya Anda harus tetap memperhatikan LED yang ada pada bodi power bank

3. Jangan tunda cas saat baterai sudah low

Dengan alasan tidak boleh sering dicas, maka power bank lebih baik dicas saat keadaannya sudah baterai low. Misalnya jika LED di bodi power bank ada 4 bar, dan tinggal 1 lampu bar saja yang masih menyala, maka segera isi ulang. Power bank umumnya ditanam baterai jenis Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-Po (Lithium-Polimer), yang mana mereka juga mempunyai batas isi ulang.

Jika sudah melebihi batas, maka power bank akan menjadi lelet saat mengecas ponsel. 

Powerbank

4. Letakkan pada suhu normal

Seringkali kita ceroboh, tidak memperhatikan hal kecil dalam perawatan. Saat power bank sedang mengisi daya ponsel jangan menaruh kedua benda tersebut ke dalam tas atau tempat tertutup lainnya. Karena power bank akan mengeluarkan suhu panas saat digunakan. Jika diletakkan pada tempat tertutup maka tidak ada sirkulasi udara yang masuk. 

5. Jangan jatuh dan kena air

Menghindari power bank terjatuh memang agak sulit, namun ada baiknya kita mulai teliti, dimulai dari perawatan yang mudah. Jika power bank sering jatuh, dikhawatirkan komponen yang ada di dalamnya tidak akan lagi saling merekat erat. 

Kondisi power bank untuk tetap kering juga sangat dibutuhkan. Karena jika kondisinya basah sampai lembab, khawatir air akan masuk ke dalam komponen power bank sehingga menyebabkan karat. 

Itulah cara mudah merawat power bank agar tetap awet dan tidak mudah rusak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya