Selamat Tinggal Para Penyiar Cantik, Selamat Datang Erica

Robot Erica
Sumber :
  • Instagram/@kyopec

VIVA – Robot-robot sudah mulai memasuki pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia. Beberapa waktu lalu Sophia menjadi cover majalah Stylist. Tidak mau kalah, robot Erica akan mulai debutnya sebagai penyiar berita di TV Jepang pada April 2018. 

Guru SMA Ini Beda dari yang Lain

Pencipta Erica, doktor Ishiguro menyatakan, robot tersebut akan menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence untuk membaca seperti layaknya pembaca berita lain.

"Kami akan menggantikan seorang pembaca berita dengan sebuah Android," jelas Ishiguro, dilansir situs Daily Mail, Jumat 2 Februari 2018. 

Arab Saudi Perkenalkan Humanoid Baru, Robot Pria Ini Malah Lakukan Hal Tak Senonoh di Depan Publik

Sebelumnya pada 2014, Ishiguro juga pernah membuat robot yang bisa membaca berita bernama Kodomoroid. Namun robotnya hanya membaca berita pada sebuah acara inovasi robot mirip manusia humanoid. Kodomoroid ini juga mampu membaca dengan suara wanita dan pria. 

Robot ini dibuat menyerupai gadis 23 tahun. Erica dibuat oleh peneliti dari Universitas Osaka dan Universitas Kyoto, Jepang. Ia dibuat dengan bantuan uang yang berasal dari badan bantuan proyek sains, JST Erato. 

Al-Jazari, Ilmuwan Muslim Penemu Robot Humanoid

Ishiguro atau yang dikenal sebagai ayah Erica menyatakan, robotnya memiliki perasaan seperti layaknya manusia. Ia menggambarkan robotnya itu memiliki sifat yang ramah dan perhatian. Kemungkinan ke depannya Erica akan menjadi pribadi yang mandiri. Dylan Glas, arsitek Erica, menyatakan, robotnya mampu membuat lelucon.

"Apa yang kami inginkan adalah memiliki robot yang bisa berpikir dan melakukan semua aktivitas atas kehendaknya sendiri," jelasnya. 

Erica bisa diajak berbicara dan tahu siapa yang mengajukan pertanyaan. Dengan menggunakan 14 sensor infra merah dan teknologi pengenalan wajah, Erica bisa mengenali orang di suatu ruangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya