Kabar Buruk, Ponsel Samsung Dituding Kirim Foto Tanpa Izin Pengguna

Logo Samsung Electronics tampak di bangunan kantornya di Seoul, Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA – Berita buruk bagi pemilik ponsel Samsung. Beberapa perangkat Samsung dikabarkan secara acak mengirim foto pada kamera roll ke beberapa kontak teman pengguna tanpa izin. 

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Kabar yang pertama kali muncul dari laman Gizmodo itu menunjukkan, pengguna ponsel Samsung mengeluhkan masalah ini di platform Reddit dan forum resmi Samsung. Satu pengguna mengatakan ponselnya mengirim semua foto ke pacarnya. 

Pesan-pesan tersebut diduga dikirim melalui aplikasi SMS default, Samsung Messages. Namun ada juga kemungkinan foto tanpa izin dikirim melalui pesan MMS. 

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Menurut laporan, aplikasi Samsung Message bahkan tidak menunjukkan kepada pengguna bahwa file telah dikirim. Banyak pengguna yang segera mencari tahu setelah mendapat laporan dari si penerima foto yang dikirimkan kepada mereka secara acak. 

Laman The Verge, dikutip Selasa 3 Juli 2018, melaporkan juru bicara Samsung menyatakan perusahaan mengetahui laporan tersebut. Saat ini tim teknis sedang dalam proses penyelidikan. Dalam forum tertulis perangkat yang bermasalah adalah smartphone Galaxy S9 dan S9+, tetapi mungkin perangkat tersebut bukan satu-satunya yang terkena bug atau kesalahan. 

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Samsung mendorong mereka yang mengalami masalah ini untuk menghubungi perusahaan secara langsung, di 1-800-SAMSUNG. Beberapa pengguna berspekulasi, masalah ini ada hubungannya dengan  pembaruan layanan pesankomunikasi Rich Communication Services (RCS). T-Mobile, merupakan salah satu operator dengan ponsel Samsung terdampak. 

T-Mobile baru saja mengeluarkan pembaruan RCS pada pekan ini, dimulai dengan Galaxy S7 dan S7 Edge. Standar pesan RCS yang seharusnya adalah membuat teks terlihat seperti mengobrol dalam aplikasi perpesanan instan lainnya, lengkap dengan tanda terima yang telah dibaca, serta aktivitas pengetikan. 

Ketika dihubungi untuk dimintai komentar, juru bicara T-Mobile menyatakan akan mengeceknya ke Samsung. Jubir berdalih hal tersebut bukanlah masalah T-Mobile.

Untuk sementara pengguna Samsung dapat mencabut izin Samsung Message dalam mengakses penyimpanan. Hal tersebut untuk menghindari bug mengirim file mereka makin liar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya