Nasabah dan Bank Bisa 'Ngobrol' di Facebook, Bisa Tanya Soal Saldo

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • Athens magazine

VIVA – Facebook memperluas layanan platform-nya ke industri keuangan. Media sosial milik Mark Zuckerberg ini sedang dalam pembicaraan untuk memperdalam kerja sama dengan tiga perusahaan keuangan kakap.

Riset: Isu Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusivitas Masih Jadi Tantangan Perusahaan di Indonesia

Ketiganya adalah American Express, Citibank, dan PayPal. Pertemuan ini bertujuan untuk membantu Facebook dalam meningkatkan layanan pelanggan.

Mengutip situs Reuters, Selasa, 7 Agustus 2018, nantinya pengguna Facebook yang juga nasabah tiga perusahaan keuangan tersebut dapat menghubungkan akun keuangan mereka dengan Facebook Messenger, serta mengobrol dengan perwakilan mereka.

Jago Syariah Permudah Pengguna Mengatur Keuangan dengan Cermat

Selain itu, Facebook juga telah meminta mereka untuk berbagi informasi data terkait rincian keuangan nasabah mereka, termasuk transaksi kartu dan saldo cek rekening.

Menurut Perwakilan Facebook, pihaknya dapat melihat beberapa informasi keuangan nasabah apabila mereka memilih untuk ikut serta, tetapi Facebook mengklaim tidak akan memanfaatkan data nasabah tersebut untuk 'iklan atau apa pun itu jenisnya'.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

“Kami tidak akan menggunakan informasi ini di luar yang telah disepakati. Karena, bagian penting dari kerja sama ini adalah menjaga informasi pengguna atau nasabah agar tetap aman dan terlindungi," demikian keterangan resmi Facebook.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, selama satu tahun terakhir, Facebook telah meminta JPMorgan Chase, Wells Fargo & Co., Citigroup Inc., dan US Bancorp., untuk mendiskusikan penawaran potensial untuk dijadikan kerja sama.

"Idenya adalah menghubungkan nasabah dengan bank melalui Facebook Messenger, tentu lebih baik daripada menunggu panggilan di telepon," klaim Facebook. (Ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya