5 Alasan Xiaomi Bisa Jual Ponsel Murah dan Laris Manis di Pasar Global

Xiaomi Redmi S2.
Sumber :
  • Smartprix

VIVA – Sekitar satu dekade lalu, ponsel buatan China tak cukup dipandang. Meski telah melantai di pasar Tanah Air, tapi mereka belum punya panggung yang membuatnya disorot. Sebagian orang menuding, ponsel China tak tahan lama dan tanpa jaminan mutu.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Seiring berjalannya waktu, pandangan orang berubah. Kehadiran ponsel Xiaomi mematahkan anggapan orang, yang menilai gadget merek China berkualitas tak mumpuni. 

Ditambah lagi kemunculan Oppo dan Vivo, yang membuat persaingan sesama ponsel China makin bergairah. 

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Soal harga murah, Xiaomi memang iya. Tapi ia seolah tak main-main soal mencuri hati konsumen, dengan membekali produknya sederet keunggulan dalam spesifikasi. 

Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana merek China ini mengelola produknya dengan biaya rendah? VIVA Digital mencoba merangkum alasannya dari berbagai sumber, seperti berikut ini. 

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

1. Tidak ada iklan
Alasan pertama dan paling utama adalah bahwa Xiaomi tidak melakukan iklan sama sekali. Ini langkah yang menghemat banyak uang. 

Perusahaan sepenuhnya bergantung pada jaringan media sosial dan Xiaomi Fan Group untuk menyebarkan pemasaran dari mulut ke mulut, dan itu juga bekerja dengan sangat baik.

2. Tak merayu pengecer
Xiaomi tak berusaha mendekati pihak kedua, atau penjual ritel, pengecer, dengan iming-iming komisi besar, yang bikin dana distribusi membengkak.

Mereka hanya berfokus pada penjualan produknya secara online melalui Amazon, Flipkart, jika di Indonesia diwakili e-commerce lokal seperti Lazada, Aku Laku.

3. Flash Sale
Banyak penggemar dan pengguna Xiaomi mengkritik kebijakan Flash Sale karena menyediakan sangat sedikit kuantitas produk, sehingga tidak dapat memenuhi seluruh permintaan.

Meski begitu, strategi pemasaran flash sale bikin Xiaomi cepat laris, dan membantu menghindari biaya penyimpanan dan pemeliharaan inventaris. 

4. Ekspansi ke banyak negara
Xiaomi tidak hanya menjual Smartphone ke basis pelanggan kecil. Ia terus memperluas pasarnya ke lebih banyak negara. 

Saat ini penjualannya telah mencapai negara-negara seperti China, sebagian besar dari Asia Tenggara, India, Brasil, Rusia dan Meksiko. 

5. Bermitra
Fakta ini mungkin belum banyak diketahui bahwa Xiaomi bermitra dengan salah satunya perusahaan Qualcomm. Qualcomm terkenal di dunia untuk prosesor seluler super kuatnya. 

Xiaomi sebagai perusahaan mitra dengan Qualcomm mendapatkan prosesor dengan harga lebih murah daripada merek lain. Langkah ini membuat Xiaomi mampu mempertahankan biaya produksinya jauh lebih rendah dari mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya