India Blokir 20 Juta Ponsel China

VIVAnews - Pemerintah India memblokir sambungan 20 juta unit telepon seluler (ponsel) dengan alasan keamanan, Selasa 1 Desember 2009. Sebagian besar ponsel itu buatan China. 

Pemerintah India mengatakan, ponsel-ponsel tersebut tidak dilengkapi International Mobile Equipment Identification (IMEI), yakni 15 digit nomor yang berfungsi melacak panggilan. Seperti dikutip dari laman Voice of America, badan intelijen India memperingatkan bahwa militan bisa menggunakan telepon-telepon yang tidak bisa dilacak itu untuk meluncurkan serangan teror.

Tindakan pemerintah dilakukan kemarin saat tenggat waktu bagi para pengguna telepon murah yang sebagian besar berasal dari China itu untuk membeli perangkat tambahan agar nomor IMEI bisa diinstal di ponsel atau mereka akan kehilangan sambungan telepon.

Mengenal Lebih Dekat Sargun Kaur Luthra, Bintang Series Hasrat Cinta Tayang di ANTV

Para konsumen Senin lalu, 30 November 2009, mengerubungi toko-toko untuk membeli perangkat yang dibutuhkan untuk menginstal nomor IMEI di ponsel mereka.

Akhir Oktober lalu, pemerintah mencekal penggunaan koneksi ponsel prabayar di wilayah bergejolak Kashmir. Pemerintah juga menggunakan alasan keamanan untuk melakukan pencekalan koneksi telepon tersebut.

Ilustrasi Reserse Bareskrim Polri

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Badan Reserse Kriminal Polri menyita sejumlah dokumen terkait dugaan pemalsuan dokumen risalah RUPSLB Bank Sumsel Babel.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024