Lupakan Kamera Ponsel 48 MP, Qualcomm Sudah Sebut soal 100 MP

Qualcomm Snapdragon 855.
Sumber :
  • GIZGUIDE

VIVA – Belakangan ini ponsel dengan kamera berkekuatan 48 megapiksel sedang naik daun. Namun, tren tersebut sepertinya tak lama lagi akan bergeser.

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Pasalnya, Qualcomm baru saja mengumumkan bahwa smartphone dengan sensor kamera 100 megapiksel akan hadir akhir tahun ini. Business Insider melaporkan, prosesor besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 670, 675, 710, 712, 845 dan 855 sudah dapat mengakomodasi sensor kamera hingga 192 megapiksel.

Hal itu disampaikan oleh direktur senior manajemen produk Qualcomm, Judd Heape. Akan tetapi, kehadiran ponsel dengan kamera 192 megapiksel bukan perkara sederhana. Menurut Heape, diperlukan kerja sama dari vendor smartphone yang saat ini belum bekerja untuk itu.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Meski 100 megapiksel dan 192 megapiksel pada ponsel belum akan rilis dalam waktu dekat, namun Heape mengungkap peluang bahwa tahun ini akan ada sensor kamera 64 megapiksel, naik tingkat dari 48 megapiksel.

“Tidak ada sensor 192 megapiksel yang tersedia saat ini. Saya pikir, cukup banyak di pasaran saat ini, sensor megapiksel besar yang paling umum adalah 48 megapiksel. Ada lagi yang akan keluar akhir tahun ini yaitu 64 megapiksel. Dan setelah itu, kami harus menyentuh lebih dari 100 megapiksel dari beberapa penyedia sensor, ”kata Heape.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Qualcomm percaya bahwa semakin banyak produsen akan membuka potensi chipset Snapdragon terbaru, untuk membawa kamera beresolusi tinggi ke smartphone. Langkah ini bisa dengan mengorbankan peningkatan shutter speed dan frame rate yang rendah di jendela bidik.

“Pada dasarnya ketika kita mengatakan bahwa suatu perangkat mampu mencapai 192 megapiksel, itu adalah foto tunggal maksimum yang dapat ditangkap oleh perangkat tersebut, tetapi pada saat itu kami tidak mengatakan apa pun tentang kecepatan bingkai,” Heape menambahkan. (ren)

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Qualcomm Snapdragon X Plus diciptakan untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024