Perusahaan Teknologi AS Ramai-ramai Mau Hengkang dari China, Kenapa?

Perang Dagang AS China.
Sumber :
  • Sputnik International

VIVA – Sejumlah raksasa teknologi seperti Hewlett Packard, Dell, Microsoft dan Amazon tengah mempertimbangkan memindahkan sebagian produksi perangkat kerasnya keluar China. Rencana ini masih berkaitan dengan perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Dikutip dari situs The Verge, Kamis 4 Juli 2019, ada sebuah laporan menyebut Hewlett Packard dan Dell ingin memindahkan hingga 30 persen produksi laptop keluar China. Sedangkan Microsoft dirumorkan memindahkan beberapa produksi konsol gim Xbox, dan Amazon yang memindahkan pabrikan speaker Echo dan Kindle.

Langkah potensial yang mereka lakukan itu adalah sebuah respons terhadap perang dagang, yang mana negeri Paman Sam mengenakan tarif 25 persen untuk produk yang dibuat di China yang nilainya US$200 miliar atau setara dengan Rp2,8 kuadriliun.

Keempat perusahaan itu diketahui berbasis di Amerika Serikat. Industri teknologi mungkin akan tetap baik-baik saja terhadap tarif yang diberlakukan pemerintah AS, namun akibatnya bisa ada kenaikan biaya pada perangkat laptop, smartphone, konsol gim dan barang-barang elektronik lainnya.

Adanya kenaikan biaya akan menjadi sebuah beban bagi konsumen dan margin yang lebih ramping untuk produsen. Microsoft, Dell, HP dan Amazon bukan menjadi satu-satunya yang ingin mengubah pabrikan mereka, Apple juga diketahui akan memindahkan 30 persen produksinya ke luar China.

Ada juga rumor, Nintendo yang akan memindahkan beberapa produksi Switch dan Google yang juga akan memindahkan pabrikan Nest. Sebagian besar perusahaan teknologi ingin tetap berproduksi di kawasan Asia Tenggara dengan memindahkan pabrik ke sejumlah negara.

Produksi perangkat keras sudah lama berpusat di China, yang mana biaya produksi di sana juga diketahui lebih murah. Di negeri Tirai Bambu itu, komponen pasokan lebih terkonsentrasi, membuat produsen bisa berpikir tenang dalam membuat teknologi baru.

Pabrikan di China telah berjalan selama dua dekade. Namun tarif yang dinaikkan membuat situasi melemah karena sengketa perdagangan yang sedang berlangsung. Jika tidak mereka pindahkan, maka ada potensi untuk menaikan biaya, dan mereka tidak memiliki jalan keluar yang mudah.

Strategi RI Hadapi Perang Dagang di Tengah Pandemi COVID-19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

72 persen aliran investasi asing yang masuk ke Indonesia ternyata berasal dari negara anggota RCEP. 

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2022